Cara menyembuhkan Mata Minus Tanpa Operasi

Mata minus atau rabun jauh merupakan salah satu gangguan mata yang paling sering terjadi dan dialami oleh banyak orang dengan berbagai kalangan usia. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia. Kebanyakan orang mungkin hanya akan menggunakan kacamata atau lensa mata untuk mengatasinya meskipun terdapat cara mata minus bisa sembuh.

Mata minus disebabkan karena lensa mata yang terlalu panjang dan kornea terlalu melengkung, kacamata menjadi solusi utama yang kerap dipilih seseorang untuk mengatasi kondisi tersebut. Tujuannya agar seseorang menjadi lebih jelas dalam melihat, selain pengobatan medis terdapat cara tanpa operasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi mata minus.

Mata Minus Bisa Sembuh Secara Alami

Secara medis diketahui memang mata minus tidak bisa disembuhkan dengan cara tradisional, satu-satunya cara yang bisa digunakan untuk menyembuhkan kondisi ini adalah dengan pembedahan kornea mata atau operasi lasik. Namun demikian, berikut ini terdapat beberapa cara menyembuhkan mata minus secara alami.

  1. Konsumsi Jus Lidah Buaya

Mengonsumsi jus lidah buaya selama satu minggu secara rutin dipercaya dapat mengurangi kondsi mata minus. Jus lidah buaya memiliki kandungan gizi yang dapat mengurangi mata minus, untuk mengonsumsinya jus ini bisa ditambahkan dengan bahan herbal lain seperti kenari, lemon dan madu.

  • Jus Buah Bit

Buah bit diklaim mampu menyembuhkan minus yang sudah dalam kondisi parah dan tinggi, konsumsi secara rutin dalam bentuk jus selama satu minggu. Untuk campurannya bisa diberi wortel atau belimbing untuk menambah khasiat yang dimiliki.

  • Menggunakan Lilin

Berdasarkan mitos yang paling banyak beredar di masyarakat, menyembuhkan mata minus bisa dilakukan dengan menggunakan lilin. Meskipun hingga saat ini belum ada bukti medis atau dasar ilmu pengetahuan yang mendukung mitos ini. Dilakukan dengan cara menatap lilin dalam ruangan gelap hingga air mata keluar.

  • Konsumsi Wortel

Mengonsumsi wortel merupakan cara alami yang banyak dilakukan orang dengan mata minus, hal ini taklepas karena wortel mengandung beta-karoten yang diperlukan tubuh dalam memproduksi vitamin A, vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan mata. Konsumsi wortel secara rutin dipercaya mampu menjaga dan memelihara kesehatan mata.

  • Daun Sirih

Siapa sangka jika daun sirih merupakan salah satu bahan alami yang mampu digunakan untuk mengobati mata minus. Perlu diketahui jika daun sirih mengandung minyak esensial, seperti sineol, karvakol, eugenol, kavikol dan kadinen. Beberapa kandungan ini mampu dipakai dalam minyak atsiri yang dapat dimanfaatkan menyembuhkan mata minus.

Tanpa Kacamata

  • Fokuskan Penglihatan Pakai Telunjuk

Mata minus bisa sembuh tanpa menggunakan kacamata, lakukan dengan melatih fokus mata menggunakan telunjuk dalam posisi duduk yang nyaman. Tempatkan telunjuk 10cm dari hidung, fokuskan pandangan ke arah telunjuk kemudian alihkan pada objek lain yang berada dalam jarak cukup jauh, lakukan latihan ini 10 kali dalam sehari.

  • Senam Mata

Cara melakukan senam mata bisa dengan menggoyangkan bola mata dari kiri ke kanan, lalu berputar dan berkedip sebanyak 100 kali. Lakukan latihan ini setiap hari, fungsi lain dari senam mata adalah untuk membersihkam sekaligus melumasi biji mata.

  • Berjemur di Pagi Hari

Bukan badan yang dijemur tetapi mata, cara yang bisa dilakukan dengan menutup kedua mata dan arahkan padangan ke matahari hingga bola mata terasa hangat. Lakukan latihan ini di pagi hari, tujuannya agar mendapat asupan vitamin D yang tercukupi.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*