Cara Mengobati Tukak Lambung dengan Mengonsumsi Rekomendasi Makanan Berikut

Bagi para pasien tukak lambung, memerhatikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi merupakan hal yang penting. Pasalnya, tidak semua makanan dan minuman dapat dikonsumsi, karena beberapa di antaranya malah dapat memperburuk kondisi tukak lambung yang dialami. Di sisi lain, mengonsumsi makanan yang sesuai dapat menjadi cara mengobati tukak lambung yang cukup efektif.

Walaupun memang dokter akan merekomendasikan beberapa obat sebagai salah satu cara mengobati tukak lambung, menjaga asupan yang Anda konsumsi mampu membantu dalam meredakan gejala tukak lambung dan mencegahnya kambuh di kemudian hari.

Rekomendasi makanan untuk tukak lambung

Di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi makanan yang dapat dikonsumsi oleh pasien tukak lambung.

  • Makanan berserat

Kenyataannya, makanan berserat tidak hanya direkomendasikan sebagai makanan untuk lambung luka. Namun, orang dengan kondisi kesehatan yang sempurna pun sering kali dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berserat.

Makanan berserat dapat membantu untuk menyembuhkan tukak lambung. Di samping itu, makanan berserat juga dapat mengurangi jumlah asam di lambung. Dengan begitu, gejala kembung dan rasa nyeri dapat diredakan.

Beberapa rekomendasi makanan berserat yang dapat dikonsumsi, antara lain pir, pepaya, apel, sayuran berwarna hijau, oatmeal, dan juga biji-bijian.

  • Makanan dengan kandungan probiotik

Familier kah Anda dengan makanan probiotik? Istilah probiotik merujuk pada jenis mikroorganisme yang bertugas melawan bakteri jahat dalam sistem pencernaan.

Manfaat dari mengonsumsi makanan probiotik untuk lambung luka, yaitu membantu memerangi infeksi bakteri H.pylori, yang menjadi penyebab tukak lambung  dan dapat menimbulkan luka pada lambung dalam jangka panjang.

Kandungan probiotik ini diyakini dapat mendorong produksi lendir yang berguna untuk melindungi lambung dari iritasi cairan asam. Di samping itu, dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa mengonsumsi probiotik dapat mempercepat proses penyembuhan luka jika dibarengi dengan konsumsi obat antibiotik.

Sebagai pilihan, Anda dapat mengonsumsi yogurt, kimchi, tempe, kefir, miso, dan kombucha.

  • Makanan yang kaya akan vitamin A

Dari sebuah hasil penelitian, diungkapkan bahwa makanan yang kaya akan vitamin A diyakini dapat mengatasi rasa nyeri akibat tukak lambung. Di samping itu, makanan ini juga membantu dalam mencegah rasa sakit tersebut kambuh.

Pilihan makanan dengan kandungan vitamin A yang dapat Anda konsumsi, antara lain ubi, wortel, bayam, blewah, dan hati sapi.

  • Makanan dengan kandungan flavonoid yang tinggi

Dalam sebuah penelitian, dilaporkan bahwa pasien lambung luka direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan flavonoid di dalamnya.

Flavonoid itu sendiri adalah jenis antioksidan yang berguna untuk melindungi pencernaan, terutama menjaga infeksi dan kerusakan pada organ lambung. Selain itu, zat ini juga dipercaya dapat melawan infeksi yang diakibatkan oleh bakteri H.pylori dan mempercepat penyembuhan luka pada dinding lambung.

Pilihan makanan yang kaya akan flavonoid, antara lain apel, buah beri, kacang kedelai, kacang jenis polong, kubis, brokoli, teh hijau, dan anggur merah.

Walaupun memang zat flavonoid ini dapat memberikan Anda manfaat dalam menjaga kesehatan lambung, namun Anda perlu memerhatikan porsi makanan yang Anda konsumsi tersebut.

Berdasarkan penelitian dari Linus Pauling Institute, disebutkan bahwa mengonsumsi zat flavonoid secara berlebihan dapat berisiko memicu terjadinya penggumpalan darah.

Oleh sebab itu, konsultasikan kondisi kesehatan Anda dengan dokter agar mendapatkan arahan yang tepat dalam menangani tukak lambung yang Anda alami.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*