Cara Mengatasi Ngompol pada Anak dengan Bahan-Bahan Alami

Mengompol adalah hal yang wajar pada anak-anak, khususnya sebelum anak menginjak usia lima tahun. Sebab, proses maturasi berkemih belum matang sehingga berpotensi buang air kapan saja.  Jika kondisinya terus berlanjut bahkan setelah usia tujuh tahun, hal itu harus segera diatasi. Namun, tak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara mengatasi ngompol yang dapat dilakukan di rumah. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang dipercaya mampu mengatasi ngompol pada anak.

Sebelum menuju pembahasan soal bahan alami yang dipercaya dapat mencegah ngompol, perlu kiranya Anda pahami upaya mutlak untuk membuat anak-anak berhenti buang air kecil saat tidur. Langkah pertama yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi ngompol adalah membatasi asupan cairan anak di malam hari dan/atau memastikannya buang kecil terlebih dahulu sebelum tidur. Air yang berlebih di dalam tubuh harus dibuang, jika tidak maka akan berpotensi mengalami ngompol. 

Nah, setelah upaya mendasar itu Anda lakukan, tetapi anak tetap mengompol, tidak ada salahnya mencoba beberapa bahan di bawah ini:

  • Jus cranbery 

Jus ini dikenal sebagai salah satu solusi paling efektif sebagai cara mengatasi ngompol. Jus cranberry dapat diberikan satu jam sebelum anak pergi tidur. Cara ini merupakan solusi yang cukup alami untuk mengatasi mengompol, karena diketahui cranberry dapat bekerja pada kasus yang berhubungan dengan infeksi saluran kemih. 

  • Kayu manis 

Sifat hangat kayu manis telah dikenal untuk mencegah mengompol pada anak-anak, terutama jika disebabkan oleh diabetes pediatrik. Kayu manis adalah rempah yang memiliki sifat antioksidan untuk mengatasi berbagai masalah di tubuh, termasuk mengompol. 

Kayu manis bekerja ampuh mengatasi masalah ngompol akibat infeksi bakteri atau diabetes. Anda dapat memberikan anak Anda sepotong kayu manis setiap hari untuk dikunyah. Jika dia tidak suka seperti itu, tambahkan bubuk kayu manis pada sarapan, smoothie, dan makanan pencuci mulutnya.

Madu

Madu adalah salah satu solusi termudah untuk mencegah anak-anak mengompol. Sebagai pemanis alami, madu juga tidak membahayakan tubuh dan bisa didapat setiap hari. Madu bersifat higroskopik, artinya dapat menyerap dan menahan kelembaban dan cairan secara efektif.

  • Gula merah

Dalam beberapa kasus, suhu tubuh yang rendah jadi penyebab mengompol. Mengonsumsi gula merah secara teratur selama dua bulan akan meningkatkan panas tubuh secara signifikan dan dengan demikian diberi predikat salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi ngompol.

Gula merah bisa dimakan langsung atau diminum dengan segelas susu. Namun, ini harus diberikan kepada anak-anak secukupnya atau sesuai takaran, karena terlalu banyak gula merah juga dapat berpotensi menyebabkan masalah kesehatan.

  • Minyak zaitun

Mengompol terjadi diakibatkan karena adanya pelanggaran otot panggul yang tidak disengaja. Pijatan sebelum tidur dengan minyak zaitun dapat mengatasi ngompol pada anak. Hangatkan minyak zaitun dan gosokkan di antara telapak tangan dan di atas perut bagian bawah anak.

Pijat selama beberapa menit dan lepaskan. Minyak zaitun memperkuat otot saluran kemih dan memperbaiki kontrol kandung kemih. Penggunaan cara ini akan terlihat hasilnya pada anak jika dilakukan setiap hari

***

Kebanyakan anak akan berhenti mengompol dengan sendirinya dan tidak memerlukan perawatan apa pun. Namun, mungkin sebagian orang tua merasa resah jika sang anak terus mengompol. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan, karena terdapat beberapa cara mengatasi ngompol dengan memberikan pengobatan rumahan. Cara-cara yang telah dijelaskan di atas mungkin tidak bisa langsung berhasil, perlu beberapa waktu untuk mendapatkan hasil positif. Kesuksesan menghentikan kebiasaan anak mengompol saat tidur bisa berbeda pada tiap anak. 

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*