5 Cara Mengatasi Jantung Berdebar Kencang

5 Cara Mengatasi Jantung Berdebar Kencang

Cara mengatasi jantung berdebar kencang. Ketika jantung Anda berdebar cukup kencang, tentu kondisi tersebut perlu diwaspadai.

Jantung berdebar kencang yang disebut juga dengan palpitasi, yaitu kondisi jantung yang berdenyut terlalu kuat, terlalu cepat, dan tidak beraturan. 

Masalah ini biasanya dipicu oleh olahraga, konsumsi kafein atau alkohol berlebihan. Bisa juga karena efek obat, hingga stres atau cemas berlebihan.

Jantung berdebar sebenarnya bukan kondisi yang sangat berbahaya dan masih ada cara mengatasi masalah ini. Tapi, kondisi ini perlu diwaspadai karena palpitasi bisa menandakan adanya masalah pada jantung.

Lalu, bagaimana cara mengatasi jantung berdebar kencang?

Cara Mengatasi Jantung Berdebar Kencang

Masalah jantung satu ini bisa terjadi kapan saja, dalam situasi apapun. Misalnya, saat duduk, berbaring, berdiri, atau aktivitas sehari-hari lainnya.

Sebagai langkah awal, Anda bisa melakukan beberapa cara tindakan pencegahan. Berikut adalah beberapa cara mengatasi jantung berdebar kencang.

1. Latihan Pernapasan

Detak jantung tak teratur bisa dipicu oleh hormon adrenalin yang semakin meningkat. Hal ini biasanya disebabkan oleh stres atau kecemasan. Jika kondisi ini terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan latihan pernapasan.

Latihan pernapasan bisa menenangkan diri Anda. Hal ini dapat menenangkan otot-otot tubuh, termasuk otot jantung. Aktifitas seperti yoga, meditasi, atau tai chi adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk latihan pernapasan.

Ada juga cara latihan pernapasan yang sederhana. Anda hanya perlu duduk sambil menutup mata dan meletakkan satu tangan di perut. Tarik napas perlahan lewat hidung, lalu buang melalui mulut. Lakukan langkah ini berulang-ulang hingga merasa tenang.

2. Banyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab jantung berdebar adalah dehidrasi. Pasalnya, darah mengandung air. Sehingga, kekurangan air akan menyebabkan darah jadi lebih kental.

Darah yang mengental akan mengakibatkan jantung bekerja lebih berat mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, nadi dan jantung akan berdenyut semakin cepat.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan asupan air putih yang cukup. Jumlah cairan yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda. Meski begitu, pastikan Anda mencukupi kebutuhan minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.

3. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Penyebab jantung berdebar lainnya adalah bermasalahnya sinyal listrik yang mengalir ke jantung. Oleh karena itu, dibutuhkan kadar elektrolit yang bisa memacu sinyal listrik.

Salah satu cara mengatasi jantung berdebar adalah dengan mencukupi kadar elektrolit yang bisa dipenuhi lewat makanan atau minuman yang mengandung natrium, kalium, kalsium, dan magnesium.

Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi adalah susu, telur, asparagus, sayuran hijau, kacang-kacangan, gandum utuh, alpukat, pisang, ubi jalar, bayam, melon, tomat, jeruk, dan buah lainnya.

4. Lakukan Manuver Vagal

Anda bisa memperlambat laju jantung dengan merangsang saraf vagal, yaitu bagian saraf yang membantu mengatur detak jantung. 

Caranya, tahan nafas dan mengejan seolah-olah akan buang air besar. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menempelkan handuk dingin di wajah selama 20 – 30 detik.

5. Lakukan Gaya Hidup Sehat

Cara selanjutnya adalah menyoal gaya hidup yang akan mempengaruhi pada kondisi jantung. Anda dapat menerapkan gaya hidup sehat seperti olahraga secara rutin, tidur yang cukup, menghindari stres, dan menghindari pemicu lainnya..

Demikian cara mengatasi jantung berdebar kencang. Semoga artikel ini dapat membuat Anda untuk tetap menjaga dan memperhatikan kondisi jantung dengan lebih baik. Tetap jaga kesehatan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*