Biaya Tambal Gigi

Tambalan adalah prosedur biasa di klinik gigi gigi. Hampir tidak ada pasien di luar sana tanpa rongga. Kemungkinan, suatu saat Anda akan mulai merasakan sakit pada gigi Anda saat mengunyah camilan manis atau asin favorit Anda juga. Dan tidak ada jalan untuk kembali.

Jadi apa yang bisa dilakukan? Baca panduan di bawah ini untuk mengetahui jenis tambalan gigi, pro dan kontra, dan biaya prosedurnya serta berapa biaya tambal gigi yang dikeluarkan. 

Penambalan Komposit 

Tambalan komposit bisa cocok dengan warna gigi hampir sempurna. Mereka memberikan estetika yang hebat dan tidak menonjol sama sekali. Komposit direkomendasikan untuk semua ukuran gigi berlubang dan bekerja dengan baik pada gigi depan.

Tambalan gigi permanen ini lebih murah daripada porselen dan emas tetapi lebih mahal dari amalgam. Waktu kursi sekitar 20 menit. Komposit dapat bertahan setidaknya selama 5 tahun dan merupakan bahan yang paling populer untuk tambalan rongga.

Isi amalgam

Amalgam adalah bahan pengisi gigi termurah. Manfaatnya termasuk daya tahan dan fleksibilitas yang baik. Tambalan ini bisa bertahan 10-15 tahun. Terlebih lagi, mereka sangat cepat ditempatkan dan tidak akan pecah atau retak karena perubahan suhu.

Kekurangannya adalah estetika. Tambalan amalgam berwarna gelap dan bahkan dapat mengubah warna struktur gigi di sekitarnya. Lebih banyak gigi harus dibor juga. Ada juga sebagian kecil orang yang mungkin alergi terhadap amalgam.

Bahan ini direkomendasikan untuk restorasi gigi posterior. Ini cukup fleksibel dan tidak retak atau pecah dengan perubahan suhu.

Mengisi Emas

Untuk memasang tambalan emas, pasien harus datang setidaknya untuk 2 kali pertemuan. Tambalan dibuat khusus dan membutuhkan gips gigi yang dilakukan sebelumnya. Emas bersifat biokompatibel dan tahan lama. Itu bisa bertahan lebih dari 20 tahun.

Emas terlihat di mulut. Namun, tidak dapat dikatakan bahwa itu memberikan estetika yang buruk, karena beberapa orang mungkin menyukai tampilannya, tambalan ini biasanya dimaksudkan untuk rongga kecil. Ada sedikit risiko kejutan galvanik, pelepasan listrik kecil, jika pasien memiliki lebih dari satu pengisian logam.

Isi Porselen

Tambalan yang terbuat dari porselen juga membutuhkan gips. Tatahan dibuat di laboratorium, sangat pas dengan struktur gigi yang tersisa. Porselen cocok dengan warna gigi di sekitarnya.

Meskipun inlay ini mahal, mereka hampir tidak pernah harus diganti. Tambalan porselen sangat kuat dan tahan lama. Mereka biasanya bekerja dengan baik selama 10-15 tahun, tetapi dengan perawatan yang tepat dapat bertahan bahkan hingga seumur hidup. Inlay porselen mungkin berakhir dengan biaya yang hampir sama dengan beberapa tambalan komposit dari waktu ke waktu.

Jenis ini paling sering digunakan untuk gigi belakang yang berlubang besar.

Tambalan Gigi Sementara

Tambalan sementara dapat dipasang di klinik gigi. Mereka biasanya ditempatkan ketika pasien sedang menunggu prosedur lebih lanjut. Inlay emas dan porselen adalah contoh yang bagus. Pengisian sementara akan dilakukan di antara janji temu, sedangkan yang permanen sedang dibuat di lab.

Situasi lain yang mungkin memerlukan jenis ini adalah ketika Anda sedang menunggu mahkota, saat menjalani beberapa perawatan saluran akar, atau dalam keadaan darurat. Jika tidak ada kemungkinan untuk memasang komposit atau amalgam, gigi tidak bisa dibiarkan kosong. Dokter gigi Anda mungkin membawa Anda untuk menghilangkan rasa sakit dan menjadwalkan Anda untuk prosedur lain nanti.

Ada juga kit rongga DIY yang dapat Anda beli secara online dan lakukan dari rumah. Namun, kit tambal gigi tidak akan pernah menjadi restorasi jangka panjang. Tambalan gigi sementara buatan sendiri dimaksudkan untuk digunakan dalam keadaan darurat ketika Anda tidak memiliki akses ke dokter gigi. Cepat atau lambat, seorang profesional harus menghapusnya dan menempatkan yang tepat.

Asuransi & Biaya Penambalan Anda

Jika Anda memiliki asuransi gigi, mintalah dokter gigi Anda untuk menghubungi perusahaan asuransi Anda dan melaporkan kembali kepada Anda berapa banyak yang akan ditanggung untuk biaya tambal gigi. Mungkin ada batasan dengan asuransi yang Anda miliki tentang berapa banyak tambalan yang ditanggung per tahun. Biaya untuk mengisi rongga akan bervariasi menurut operator asuransi dan tergantung pada rencana spesifik Anda. Jika Anda baru saja membeli paket, Anda juga harus mencari tahu apakah Anda memiliki masa tunggu sebelum mereka menutupi biaya penambalan gigi. Rencanakan biaya pengisian rongga dengan memeriksa asuransi Anda sebelum Anda menyelesaikan pekerjaan. Rencana asuransi kesehatan dapat berbeda untuk orang yang berbeda.

Anda harus memiliki gagasan yang baik tentang perincian biaya sebelum Anda berkomitmen pada prosedur. Anda dapat memilih dokter gigi atau waktu yang berbeda untuk melakukan penambalan tergantung pada informasi apa yang Anda temukan tentang total biaya. Misalnya, mungkin asuransi Anda akan membayar 80 persen dari biaya prosedur, dan Anda akan berutang selisih 20 persen. Jika rencana perawatan gigi Anda hanya membayar setengah, maka biaya Anda akan lebih tinggi. Juga bijaksana untuk meluangkan waktu untuk memeriksa apakah Anda memiliki pengurangan yang harus dibayar saat meneliti biaya mengisi rongga.

Biaya Tambahan untuk Diperhitungkan

Sinar-X membantu dokter gigi menentukan tingkat kerusakan sebelum melakukan penambalan, jadi Anda harus memperhitungkan biaya tambahan ini. Ada biaya berbeda yang terkait dengan berbagai jenis sinar-X bahkan, seperti sinar-X panoramik versus sinar-X bitewing dan sinar-X periapikal. Dokter gigi juga perlu mempersiapkan gigi sebelum mereka dapat melanjutkan prosedur penambalan. Bagian dari proses preparasi gigi mungkin termasuk anestesi, kemudian pengeboran untuk menghilangkan pembusukan dari gigi sebelum perbaikan dan penambalan dapat diselesaikan. Itu akan tergantung pada bagaimana dokter gigi Anda beroperasi dan apa yang Anda pilih atau perlu lakukan sebagai bagian dari prosedur. Biaya untuk mengisi rongga tergantung pada faktor-faktor ini serta jenis pengisian yang Anda pilih.

Tips Menghemat Uang untuk Biaya untuk Mengisi Rongga

Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang jenis rongga yang Anda inginkan dan di mana Anda akan melakukan prosedur ketika Anda mengetahui biaya penambalan gigi sebelum Anda menyelesaikan pekerjaan. Situasi terakhir yang Anda inginkan adalah melanjutkan perawatan dan berakhir dengan tagihan besar melalui pos yang harus segera Anda bayar. Jika Anda memiliki asuransi, maka mintalah atau online dan temukan daftar dokter gigi yang disetujui yang ada di jaringan Anda. Jika Anda tidak memiliki asuransi gigi. Langkah terbaik yang dapat Anda ambil adalah mendidik dan menginformasikan diri Anda sendiri tentang biaya tambal gigi dan kemudian mencari tahu berapa besar kemungkinannya berdasarkan faktor-faktor di atas dan jika Anda memiliki asuransi gigi. Rencanakan ke depan dan mulailah menabung uang Anda sekarang sehingga Anda siap menanggung biaya penambalan gigi jika itu adalah prosedur yang Anda perlukan di masa depan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*