Beragam Jenis Pelayanan USG di Biotest Naripan Bandung

Laboratorium Klinik Biotest Naripan | Daftar Online

Sumber foto: sehatq.com

“Tidak hanya digunakan untuk memantau kondisi janin, penggunaan USG juga bisa dilakukan pada bagian tubuh lainnya. Klinik Biotest Naripan Bandung memiliki beragam jenis USG, mulai dari USG kehamilan hingga USG prostat.”

Dalam dunia medis, USG atau ultrasonografi sudah banyak digunakan untuk beragam keperluan, seperti memeriksa kondisi janin, dan juga penyakit yang ada di dalam tubuh. 

Salah satu Laboratorium Klinik di Bandung yang telah berdiri sejak 2006, yakni Biotest Naripan memiliki keberagaman pelayanan USG. Namun, sebelum mengetahui beragam jenis pelayanan USG yang ada di Biotest Naripan, simak terlebih dahulu pengertian dan jenis, dan indikasi USG.

Ultrasonografi (USG)

Ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan USG adalah metode pengubahan gelombang suara berfrekuensi tinggii menjadi gambar struktur di dalam tubuh. Gambar ini nantinya akan memberikan informasi untuk mendiagnosis berbagai penyakit dan kondisi.

Alat yang mengeluarkan suara frekuensi tinggi itu disebut transduser. Alat ini nantinya akan mengeluarkan suara frekuensi tinggi dan merekam gema saat gelombang dipantulkan. Saat itulah akan muncul gambar di layar tentang ukuran, bentuk, dan lainnya di dalam organ Anda.

Jenis-jenis USG

Pada dasarnya terdapat tiga jenis USG, yaitu:

  • USG eksternal, yakni jenis USG yang dilakukan pada permukaan kulit pasien
  • USG internal, yakni USG yang dilakukan dengan cara memasukkan alat ke dalam vagina atau anus
  • USG endoskopi, yakni USG ydengan memasukkan alat ke kerongkokan dengan bantuan endoskop.

Indikasi USG

Jika ditinjau dari tujuan penggunaannya, maka USG akan dibedakan menjadi 2, yakni USG kehamilan, dan USG diagnostik.

Kedua jenis USG tersebut terdapat pada pelayanan Biotest Naripan. Berikut ini beberapa penjelasan jenis USG yang ada di klinik tersebut.

  • USG kehamilan

Jika Anda melakukan USG kehamilan di Biotest Naripan, maka Anda bisa melakukannya dengan menggunakan USG 4 dimensi. USG 4 dimensi ini meruapakan teknologi ultrasonografi terbaru dan paling canggih.

Jika dibandingkan dengan USG 2 dimensi, maka USG 2 dimensi hanya akan menampilkan gambar organ dalam dan tulang janin. Begitu pula USG 3 dimensi yang menampilkan gambar bayii dari permukaan luar. Sedangkan USG 4 dimensi dapat menampilkan gambar bergerak pada janin.

  • USG diagnostik

USG diagnostik dipakai untuk mendiagnostik suatu penyakit sesuai dengan bagian tubuh yang akan diperiksa. Beberapa USG diagnostik yang ada di Biotest Naripan.

  1. USG prostat

USG prostat dilakukan untuk memeriksa kelenjar prostat pada kelamin laki-laki. USG yang dilakukan pada prostat bisa dilakukan dengan cara eksternal ataupun internal.

USG prostat akan dilakukan jika Anda memiliki keluhan pada prostat yang merupakan gejala penyakit serius pada prostat, seperti kanker, tumor, dan lainnya.

  1. USG perut

USG ini akan melihat kondisi organ-organ yang ada di dalam perut Anda, seperti hati, ginjal, pankreas, empedu, dan limpa. Sehingga, beberapa jenis penyakit seperti radang usus buntu, kanker hati, batu ginjal, dan lannya bisa terlihat dengan melakukan USG perut.

  1. USG testis

Jenis USG lainnya yang ada di dalam pelayanan Biotest Naripan adalah USG testis. USG testis ini digunakan untuk menyelidiki beberapa masalah pada skrotum, testis, atau epididimis. 

Beberapa contoh masalah yang diperiksa dengan bantuan USG adalah benjolan yang mencurigakan pada testis, torsi testis, epididimis, infertilitas, testis tidak turun, dan lainnya.

  1. USG kepala

USG ini biasanya dilakukan pada bayi yang mengalami kelahiran prematur untuk memastikan apakah bayi tersebut memiliki kelainan fungsi pada otak atau tidak.

USG kepala ini bisa dilakukan pada bayi yang berumur di bawah 6 bulan, atau masih memiliki bagian tulang tengkorak yang belum tumbuh. Sedangkan pada orang dewasa USG kepala biasanya akan digunakan untuk mengukur massa otak dan hanya bisa dilakukan pada pasien yang telah melakukan pembedahan tulang tengkorak.

  1. USG leher

USG pada leher dimaksudkan untuk memeriksa kondisi organ yang ada di dalamnya, seperti kelenjar dan pembuluh darah. Selain itu, jika terdapat benjolan atau kumpulan nanah yang mencurigakan juga bisa dipastikan dengan bantuan USG leher.

Jadi, itulah beberapa fasilitas USG yang ada di Biotest Naripan. Jika Anda memiliki keluhan di bagian-bagian tertentu pada tubuh, maka Anda bisa melakukan pemeriksaan di klinik yang berlokasi di Bandung ini. 

Selain USG, medical check up, EKS, hingga tes Covid-19 juga bisa dilakukan di Biotest Naripan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*