Benarkah Cara Minum Madu Zuriat untuk Promil Hoaks?

Banyak pasutri yang melakukan cara minum madu zuriat untuk promil alias program hamil. Meskipun banyak yang mengatakan cara ini manjur, namun ternyata tidak didukung dengan penelitian yang cukup.

Program posyandu untuk ibu hamil

Apa itu madu zuriat?

Madu zuriat merupakan produk herbal yang menjual ekstrak buah zuriat yang dipadukan dengan madu, terkadang ditambah bahan-bahan herbal lainnya. Buah zuriat dan madu diketahui sebagai dua bahan yang berkhasiat untuk menyuburkan kandungan.

Buah zuriat sangat sulit ditemukan di Indonesia, sebab buah ini asalnya dari negara-negara di Timur Tengah. Sehingga buah ini sering digunakan sebagai souvenir saat seseorang pulang dari melakukan ibadah haji maupun umroh.

Buah yang berbentuk seperti kelapa ini mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin yang penting, seperti serat, karbohidrat kompleks, vitamin B, antioksidan, mineral, dan asam lemak esensial. 

Oleh karena itu, banyak yang menyebutkan buah zuriat memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Seperti misalnya, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, mencegah diabetes dan komplikasinya, mencegah hipertensi, menjaga kesehatan ginjal dan hati, serta menyuburkan kandungan.

Madu zuriat bikin cepat hamil, hoaks?

Banyak masyarakat Indonesia yang mempercayai khasiat buah zuriat untuk menyuburkan kandungan sehingga digunakan sebagai salah satu obat dalam program hamil.

Sayangnya, masih belum cukup penelitian yang bisa mendukung klaim tersebut. Meskipun memang secara tidak langsung, kandungan antioksidannya yang tinggi bisa mencegah bahaya stres oksidasi.

Stres oksidasi terjadi saat radikal bebas di dalam tubuh menumpuk dan menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Kondisi ini bisa menurunkan tingkat kesuburan baik pada wanita maupun pria. 

Sebab, stres oksidasi bisa berdampak pada kualitas sperma, proses kematangan telur, pembuahan, perkembangan janin, dan tentu saja kehamilan. Makanan yang tinggi antioksidan seperti buah zuriat ini terbukti mampu meningkatkan regenerasi sel-sel tubuh termasuk sel di dalam sistem reproduksi.

Sehingga menurunnya stres oksidasi di dalam tubuh dapat meningkatkan kesehatan reproduksi dan secara tidak langsung meningkatkan kesempatan hamil pula. Buah zuriat terbukti memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, jadi buah ini tetap baik untuk dikonsumsi secukupnya.

Selain dalam bentuk madu zuriat, buah ini bisa dikonsumsi secara langsung, direbus, atau dihaluskan. Tentunya, jika Anda ingin mengonsumsinya sebagai bagian dari program hamil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Tips untuk cepat hamil

Selain dengan cara minum madu zuriat untuk promil, ada berbagai macam cara lainnya agar Anda dan pasangan cepat mendapatkan momongan. Cara ini terbilang alami dan tidak membutuhkan obat maupun bantuan penanganan medis apapun.

Yakni dengan selalu menjaga kesehatan, lewat makan-makanan bergizi seperti perbanyak sayur dan buah, minum air minimal 2-3 liter per hari, hindari minuman berkafein dan bersoda, istirahat yang cukup minimal 6-8 jam per hari, kelola stres, rutin berolahraga minimal 3-4 kali per minggu, serta hindari rokok dan konsumsi alkohol. 

Kemudian, akan lebih baik jika Anda tetap berkonsultasi ke dokter jika ingin menggunakan bahan-bahan herbal sebagai pendamping saat Anda melakukan program hamil. 

Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya efek samping dari bahan-bahan tersebut meskipun telah banyak diklaim sebagai penyubur kandungan. Sudah pasti dokter kandungan akan lebih paham mengenai penggunaan bahan tersebut.

Walau penggunaan bahan alami memang memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk menimbulkan efek samping, namun tidak berarti mereka 100 persen aman untuk dikonsumsi dengan tujuan apapun tanpa dosis tertentu.

Dalam menjalani persiapan kehamilan, mintalah bantuan dokter untuk menentukan apa saja yang baik untuk dikonsumsi guna meningkatkan kesuburan Anda. Cara minum madu zuriat untuk promil bisa menjadi salah satu pendamping untuk meningkatkan kesehatan, namun bukan sebagai obat satu-satunya.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*