Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Simak Manfaat Olahraga bagi Lansia

manfaat olahraga

Lansia merupakan seseorang yang berusia 60 tahun ke atas menurut peraturan Kemenkes R1 No. 67 tahun 2015. Rata-rata lansia menghabiskan waktu 10 jam sehari hanya untuk berbaring atau duduk. Kurangnya aktivitas fisik dan olahraga pada lansia menyebabkan berbagai masalah kesehatan dari mulai tahap ringan sampai serius. Misalnya, timbul rasa nyeri saat melakukan kegiatan sederhana sekadar berjalan kaki atau bahkan berisiko terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan demensia.

Apa manfaat olahraga yang didapatkan?

Olahraga berguna untuk kesehatan fisik dan mental sehingga diharapkan lansia mampu hidup secara mandiri. Berikut ini beberapa manfaat olahraga bagi lansia:

  • Mencegah timbulnya penyakit

Beberapa penyakit dapat dicegah melalui olahraga rutin, antara lain penyakit jantung dan diabetes. Sebuah studi menyebutkan, latihan fisik dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol LDL, meningkatkan kolesterol HDL, serta membantu memperbaiki resistensi insulin. Selain itu, olahraga juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Meningkatkan kesehatan mental

Olahraga menghasilkan hormon endorfin yang berfungsi meningkatkan perasaan bahagia dan memperbaiki kondisi stres. Selain itu, kualitas tidur akan semakin berkualitas sehingga penting bagi lansia yang sering mengalami insomnia dan gangguan pola tidur.

  • Mengurangi risiko jatuh

Orang tua memiliki risiko jatuh yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan kejadian osteoporosis yang banyak dialami lansia. Apabila tidak diantisipasi akan berpotensi menimbulkan cedera dan sulit untuk dipulihkan. Olahraga meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, serta keseimbangan. Dengan demikian, kemandirian lansia pun semakin bertambah.

  • Mampu terlibat aktif secara sosial

Saat ini banyak kelompok olahraga dan kegiatan lansia, seperti kelas kebugaran khusus, klub jalan kaki bersama, atau klub berkebun. Kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai aktivitas yang menyenangkan. Mempertahankan ikatan sosial penting bagi lansia untuk menghindari perasaan kesepian dan depresi. Cari olahraga atau aktivitas fisik yang Anda sukai dan tidak menjadi beban.

  • Meningkatkan fungsi kognitif

Aktivitas fisik harian meningkatkan kemampuan kognitif sehingga risiko demensia dapat berkurang. Sebuah studi menunjukkan, prevalensi demensia kemungkinan akan meningkat selama beberapa dekade mendatang sehingga dapat dikategorikan sebagai masalah kesehatan krusial.

Jenis olahraga yang cocok untuk lansia

Memasuki usia non-produktif bukan berarti lansia tidak lagi membutuhkan olahraga. Setidaknya lansia melakukan olahraga 2 kali dalam seminggu. Akan tetapi, jika terbiasa dengan gaya hidup yang aktif maka bisa melakukan olahraga dengan intensitas sedang hingga berat. Berikut ini jenis-jenis olahraga yang bisa Anda lakukan:

  • Golf

Olahraga luar ruangan ini memberikan kesempatan lansia untuk menghirup udara segar dan menyehatkan pikiran. Meskipun terlihat santai, golf membutuhkan fleksibilitas, keseimbangan, dan kekuatan selama beberapa jam.

  • Yoga

Apabila Anda menginginkan olahraga yang mengutamakan rileksasi, maka yoga menjadi pilihan yang tepat. Yoga termasuk golongan olahraga low-impact sehingga cocok untuk lansia.

  • Tenis lapangan

Koordinasi mata serta gerak tangan dan kaki sangat dibutuhkan dalam tenis lapangan. Akan tetapi, olahraga ini menuntu refleks gerakan cepat sehingga mungkin hanya cocok dilakukan oleh lansia yang memiliki kebiasaan ini sebelumnya.

  • Berenang

Olahraga ini menghindarkan Anda dari risiko cedera sendi karena air mampu menahan 90% beban tubuh. 

  • Jalan-jalan

Aktivitas ini mudah dan paling banyak dilakukan lansia. Jalan-jalan mampu meningkatkan sirkulasi darah sehingga baik untuk sistem kardiovaskular. Anda bahkan bisa melakukannya setiap hari. Usia tidak menghalangi sesorang untuk tetap aktif, terlebih manfaat olahraga ada banyak sekali. Akan tetapi, jika Anda sedang menderita penyakit tertentu, konsultasikan terlebih dahulu agar tetap aman.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*