Astragalus

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan manusia untuk mengobati kondisi yang dialami, salah satunya termasuk pengobatan herbal. Pada umumnya, pengobatan herbal berasal dari bahan-bahan alami sehingga mudah didapatkan dan telah diadaptasi selama bertahun-tahun. Salah satu obat herbal yang dapat digunakan manusia adalah astragalus.

Pemahaman Tentang Astragalus

Astragalus merupakan salah satu obat yang paling terkenal di Cina dan telah digunakan sebagai obat tradisional. Obat tersebut diklaim dapat menjaga sistem imun dalam tubuh, mengatasi peradangan, dan menjaga kesehatan organ.

Astragalus memiliki lebih dari 2.000 spesies. Dua jenis spesies yang paling umum adalah Astragalus membranaceus dan Astragalus mongholicus.

Akar astragalus merupakan bagian yang bermanfaat dalam pengolahan obat herbal. Akar tersebut dapat digunakan sebagai bubuk, cairan ekstrak, teh, kapsul, atau injeksi.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa astragalus mengandung berbagai jenis senyawa tumbuhan sehingga obat tersebut berkhasiat bagi tubuh manusia.

Manfaat Astragalus

Astragalus tidak hanya merupakan salah satu obat herbal yang paling populer, namun juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, antara lain:

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Salah satu manfaat astragalus adalah mampu menjaga daya tahan tubuh manusia. Beberapa penelitian menyatakan bahwa obat tersebut dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan sumber penting dalam sistem imun, karena hal tersebut mampu menghindari risiko penyakit.

  1. Mengatur gula darah

Astragalus mampu mengatur gula darah sehingga manusia terhindar dari risiko penyakit diabetes tipe 2. Obat tersebut sering direkomendasikan oleh tim medis untuk menjaga kondisi tubuh manusia.

  1. Menjaga fungsi ginjal

Astragalus juga mampu menjaga fungsi ginjal. Hal tersebut mampu mengurangi risiko sindrom nefrotik (kondisi yang terjadi karena gangguan ginjal).

  1. Meningkatkan fungsi jantung

Astragalus mampu meningkatkan fungsi jantung dengan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

  1. Meredakan gejala alergi

Astragalus juga diklaim mampu meredakan gejala alergi seperti bersin.

  1. Meredakan gejala kelelahan kronis

Sebuah penelitian menyatakan bahwa astragalus mampu meredakan gejala kelelahan kronis. Meskipun demikian, penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan obat herbal lain.

  1. Mencegah kanker

Astragalus juga memiliki sifat antikanker dimana obat tersebut mampu mencegah risiko penyakit kanker. Sebuah penelitian menyatakan bahwa obat tersebut dapat mematikan sel-sel kanker di dalam tubuh manusia.

  1. Meredakan efek samping kemoterapi

Astragalus juga merupakan cara untuk mengatasi efek samping kemoterapi. Kemoterapi merupakan salah satu pengobatan bagi pasien yang mengalami kanker. Efek samping kemoterapi seperti mual dapat diatasi melalui injeksi.

Efek Samping Astragalus

Astragalus sama seperti obat lain dimana obat tersebut dapat menimbulkan efek samping berupa gatal, ruam, mual, dan diare. Obat tersebut juga dapat menimbulkan kondisi yang lebih serius seperti detak jantung yang bergerak secara tidak teratur.

Kelompok Yang Berisiko Terhadap Astragalus

Berikut adalah beberapa kelompok yang rentan terhadap astragalus:

  • Anak-anak.
  • Ibu hamil dan menyusui.
  • Individu yang mengalami penyakit autoimun.
  • Penerima transplantasi.

Karena astragalus dapat menimbulkan kondisi yang berbeda pada setiap manusia, Anda sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda ingin menggunakan obat tersebut.

Cara Lain Untuk Menjaga Kondisi Tubuh

Jika astragalus tidak dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh Anda, Anda dapat mencoba pengobatan lain. Misalnya, jika Anda ingin mengatur gula darah, Anda sebaiknya konsumsi air putih secara rutin dan berolahraga secara teratur.

Kesimpulan

Astragalus merupakan salah satu obat yang telah muncul bertahun-tahun yang lalu. Obat tersebut memiliki berbagai manfaat bagi tubuh manusia. Meskipun demikian, obat tersebut juga dapat menimbulkan berbagai efek samping. Kondisi yang dialami manusia juga bisa berbeda. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tanyakan kepada dokter apakah astragalus dapat Anda gunakan atau tidak.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*