Apakah Onani Setiap Hari Aman Dilakukan? Simak Penjelasannya

Membahas perihal onani kadangkala dianggap tabu oleh sebagian orang. Padahal, pembahasan ini sangat penting sebagai sex education. Banyak para pria yang menanyakan perihal perilaku mereka yang melakukan onani. Seperti misalnya dampak perilaku tersebut, hingga pertanyaan apakah aman melakukan onani setiap hari?

onani

Pada dasarnya, onani sering dilakukan oleh kaum pria. Untuk wanita, maka kegiatan ini disebut sebagai masturbasi. Kebanyakan masyarakat yang melakukan hal tersebut mengaku bahwa dengan onani atau masturbasi bisa memberikan kesan emosi atau sebagai bentuk penyaluran hasrat seksual dan emosi. Namun, bagaimana jika onani tersebut dilakukan setiap hari, apakah bisa berbahaya?

Manfaat onani

Beberapa penelitian menghasilkan sebuah studi bahwa rupanya kegiatan onani ini bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan fisik maupun mental. Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari onani jika dilakukan dengan wajar adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan mood atau suasana hati
  • Meredakan kecemasan berlebih atau stress
  • Membantu untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang
  • Membuat diri jadi lebih rileks dan bebas dari ketegangan seksual

Selain beberapa manfaat tersebut, rupanya onani juga bisa menjadi salah satu cara pencegahan dari permasalahan pergaulan seks bebas. Pun, untuk mencegah kasus infeksi menular seksual yang sering terjadi ketika seseorang bergonta-ganti pasangan terlalu sering. Bagi orang yang belum menikah, kegiatan ini pun dilakukan sebagai penyalur hasrat seksualnya.

Dampak negatif onani

Meskipun terdapat beberapa manfaat dari kegiatan onani ini, rupanya hal tersebut pun tidak terlepas dari dampak negatif yang juga bisa membahayakan tubuh.  Pasalnya, perilaku ini bisa membuat pelakunya jadi kompulsif atau berlaku berlebihan. Kasus terparahnya adalah membuat seseorang jadi sulit dalam mengendalikan diri. Lama-kelamaan bisa menyebabkan kecanduan yang pastinya tidak baik untuk kesehatan.Kecanduan melakukan onani, apalagi jika Anda melakukan onani setiap hari merupakan kecanduan seksual. Adapun beberapa dampak negatif dari perilaku ini adalah sebagai berikut:

  1. Perubahan Zat Kimia dalam Tubuh

Ketika seseorang melakukan onani atau masturbasi, maka bisa merangsang fungsi saraf khususnya parasimpatik yang biasa memproduksi hormon seks. Utamanya seperti asetilkolin, serotonin, dan dopamin. Ketika hormon ini diproduksi secara berlebihan, maka bisa memberikan dampak buruk. Dimana otak dan kelenjar adrenal bisa menjadi berlebihan dalam mengonversi hormon tersebut. Hal ini bisa memicu perubahan bahkan kerusakan pada zat-zat kimia yang terdapat dalam tubuh.

  1. Kelelahan Seksual

Dampak negatif lain dari melakukan onani terlalu sering adalah kelelahan seksual. Hal ini berhubungan dengan perubahan zat kimia yang sebelumnya sudah dibahas. Ketika hal itu terjadi, maka bisa memicu disfungsi seksual hingga kebocoran mani. Saat hal ini terjadi, penderitanya tidak bisa mengontrol kapan harus membuka dan menutup saluran air mani.

  1. Gangguan Kesehatan

Terlalu sering onani bukanlah hal yang baik. Bahkan bisa dibilang bahwa perilaku ini sangat tidak aman dilakukan karena berbahaya bagi kesehatan tubuh. Ketika Anda sering melakukannya maka akan memicu masalah seperti nyeri panggung, penis yang sakit dan iritasi kulit, rambut menjadi rontok, hingga kehilangan tenaga.

Bagaimanapun juga, onani setiap hari sebaiknya harus dihindari. Karena bisa merusak tubuh, otot, hingga zat-zat yang ada di dalam tubuh. Untuk menghindari kebiasaan ini, maka sebaiknya Anda melakukan terapi dan meminta bantuan pada terapis. Lakukan juga hal lain seperti hobi agar membuat Anda lupa sehingga tidak melakukan perilaku tersebut. Meskipun ada manfaat dari onani, namun dampak negatifnya lebih besar terutama jika dilakukan dengan tidak wajar dan jumlah yang berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*