Apakah Anda Tahu Fungsi Emosi Manusia? Ini Jawabannya

Setiap orang pasti memiliki emosinya masing-masing. Emosi menusia akan mempengaruhi bagaimana seseorang memiliki pendapat, persepsi dan mempengaruhi tindakan serta pikiran mereka. Faktanya, emosi manusia sendiri terdiri dari enam, yaitu kebahagiaan, ketakutan, kesedihan, kemarahan, kejutan dan jijik. Namun, apakah Anda tahu apa fungsi emosi manusia itu sendiri? 

Emosi manusia

Emosi dapat memainkan peran penting dalam cara kita berpikir dan berprilaku. Emosi yang kita rasakan setiap hati dapat memaksa kita untuk mengambil tindakan dan mempengaruhi keputusan yang kita buat tentang hidup kita, baik besar maupun kecil. Untuk benar-benar memahami emosi, penting untuk memahami tiga komponen penting dari emosi. 

Emosi kita terdiri dari komponen subjektif (bagaimana kita mengalami emosi), komponen fisiologis (bagaimana tubuh kita bereaksi terhdap emosi), dan komponen ekspresif (bagaimana kita berprilaku sebagai respon terhadap emosi). Elemen-elemen berbeda ini dapat berperan dalam fungsi dan tujuan respon emosional kita. 

Emosi kita bisa berumur pendek, seperti kilatan kekesalan pada rekan kerja atau seseorang. Atau, dapat bertahan lama, seperti menahan kesedihan karena putusnya sebuah hubungan. Tetapi mengapa tepatnya kita mengalami emosi? Apa peran dan fungsinya? 

Fungsi emosi manusia

  1. Emosi dapat memotivasi kita untuk bertindak

Saat dihadapkan pada ujian yang menegangkan, Anda mungkin merasa sangat cemas tentang apakah Anda dapat melaluinya atau tidak. Karena respon emosional ini, Anda mungkin akan mencoba untuk mempelajari hal tersebut, sehingga dapat melewati dengan baik. 

Jika Anda memiliki emosi tertentu, maka Anda memiliki motivasi untuk mengambil tindakan dan melakukan sesuatu hal positif untuk meningkakan peluang keberhasilan yang akan Anda dapat. 

  1. Emosi membantu kita bertahan, berkembang, dan menghindari bahaya

Charles Darwin percaya bahwa emosi adalah adaptasi yang memungkinkan manusia dan hewan untuk bertahan hidup dan bereproduksi. Saat kita marah, kita cenderung menghadapi sumber kejengkelan kita. Saat kita mengalami ketakutan, kita lebih cenderung melarikan diri dari ancaman. Dan, saat kita sedang merasakan cinta, kita akan terus menginginkan untuk bersama dengan pasangan kita. 

Emosi memiliki peran adaptif dalam hidup kita dengan memotivasi kita untuk bertindak cepat dan mengambil tindakan yang akan memaksimalkan peluang kita untuk bertahan hidup dan sukses.

  1. Emosi dapat membantu membuat keputusan

Fungsi emosi manusia lainnya adalah membantu dalam membuat keputusan yang kita buat. Para peneliti juga menemukan bahwa orang dengan jenis kerusakan otak tertentu yang mempengaruhi kemampuan mereka untuk mengalami emosi juga memiliki kemampuan yang menurun dalam pengambilan keputusan yang baik. 

Bahkan dalam situasi di mana kita yakin keputusan kita murni oleh logika dan rasionalitas, emosi memainkan peran kuncinya. Kecerdasan emosional atau kemapuan kita untuk memahami dan mengelola emosi, telah terbukti memainkan peran penting dalam pengambilan keputusan. 

  1. Emosi memungkinkan orang lain memahami kita

Saat kita berinteraksi dengan orang lain, penting untuk memberi isyarat untuk membantu mereka memahami perasaan kita. Isyarat ini mungkin melibatkan ekspresi emosional melalui bahasa tubuh, seperti ekspresi wajah yang berhubungan dengan emosi tertentu yang kita alami. 

Dalam kasus lain, ini mungkin dapat melibatkan pernyataan langsung tentang perasaan kita. Saat kita memberitahu teman atau anggota keluarga bahwa kita merasa senang, bahagia, sedih, gembira atau takut. 

  1. Emosi memungkinkan kita memahami orang lain

Sama seperti emosi kita sendiri yang memberian informasi kepada orang lain, ekspresi emosional orang-orang di sekitar kita pun memberi banyak informasi penting. Komunikasi sosial adalah bagian penting dari kehidupan dan hubungan kita sehari-hari dan kemampuan untuk menafsirkan dan bereaksi terhadap emosi orang lain sangat penting. 

Hal tersebut berfungsi untuk bagaimana kita merespon dengan tepat dan membangun hubungan yang lebih dalam dan bermakna dengan teman, keluarga, dan orang sekitar. Hal ini juga dapat memungkinkan kita berkomunikasi secara efektif dalam berbagai situasi sosial. Dengan begitu fungsi emosi manusia dapat tergambarkan dengan jelas. 

Jadi, fungsi emosi manusia menggambarkan apa yang sedang kita rasakan dan bagaimana seseorang akan memahami Anda dan Anda pun akan memahami mereka. Dengan membaca emosi masing-masing orang, maka kita semua akan saling memahami apa yang sedang kita rasakan dan inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*