Apa Itu Irigasi Telinga? Berikut Penjelasannya

Dokter akan melakukan irigasi telinga dengan alat khusus

Menjaga kesehatan dan kebersihan telinga bisa dengan berbagai macam cara, seperti salah satunya dengan menggunakan terapi telinga. Meski terdengar aneh, irigasi telinga menjadi salah satu cara yang bisa digunakan, dengan cara ini kesehatan telinga akan terjaga dengan seksama sehingga akan terhindar dari kondisi luka maupun gangguan lain.

Kebersihan telinga sekaligus kesehatannya perlu dijaga dengan baik, karena jika tidak organ penting yang satu ini akan rentan mengalami gangguan. Selain fungsinya sebagai indra pendengaran, telinga juga memiliki peran penting dalam keseimbangan tubuh. Jika terjadi masalah dalam pendengaran, maka keseimbangan tubuh juga akan terganggu.

Terapi Telinga

Terapi menjadi salah satu cara dari sekian banyak metode yang bisa dipakai untuk membersihkan telinga agar kesehatannya juga dapat terjaga. Meski demikian, untuk melakukan terapi ini tidak boleh sembarangan dan harus dilakukan oleh dokter. Berikut ini beberapa terapi yang bisa dipakai untuk membersihkan telinga demi menjaga kesehatan.

  • Irigasi Telinga

Merupakan salah satu tindakan untuk membersihkan liang telinga dari kotoran atau benda asing yang masuk ke dalamnya. Metode ini dilakukan dengan cara membilas saluran telinga bagian luar dengan air steril atau cairan saline steril. Agar aman dan tidak justru membuat masalah, cara ini harus dilakukan oleh dokter spesialis.

Secara umum teknik ini dilakukan dengan mengalirkan air bertekanan ke dalam liang telinga, tujuannya untuk mengeluarkan impaksi serumen prop atau benda asing secara mekanik. Dalam proses pembersihan terdapat beberapa alat yang digunakan, seperti misalnya spuit dan electronic irigators.

Terapi ini harus dilakukan oleh dokter agar lebih aman, namun sebelum prosedur dilakukan dokter terlebih dahulu akan memeriksa keadaan telinga terlebih dahulu dengan alat yang disebut otoskop. Tujuannya, untuk memastikan proses terapi aman untuk dilakukan. Setelah itu, dilakukan proses selanjutnya yakni penyemprotan air steril atau cairan saline ke dalam telinga.

Meski demikian, terapi telinga yang satu ini tidak disarankan bagi orang yang sebelumnya sudah mengalami infeksi telinga. Atau dalam keadaan terinfeksi kronis atau infeksi berulang pada telinga, hingga pernah menjalani operasi telinga atau orang yang mengalami robek pada gendang telinga mereka.

  • Akupunktur Telinga

Manfaat utama irigasi telinga adalah untuk membersihkan kotoran, sementara manfaat kesehatan lebih luas bisa didapatkan jika menggunakan akupunktur telinga. Terapi ini merupakan jenis tradisional asal China yang dilakukan dengan cara menusukkan jarum ke titik-titik tertentu pada telinga.

Metode ini diklaim memiliki beragam manfaat bagi kesehatan telinga, beberapa di antaranya seperti mengatasi insomnia, arthritis, nyeri pascaoperasi, sakit kepala dan migrain hingga sembelit. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa terapi ini bisa mengatasi demensia pada lansia, selain itu metode ini juga mampu membantu orang untuk berhenti merokok.

Meski demikian, beberapa manfaat kesehatan dengan melakukan terapi telinga masih memerlukan kajian lebih lanjut. Akupunktur menjadi terapi yang aman untuk dilakukan, dengan catatan terapi ini dilakukan oleh terapis yang sudah mempunyai sertifikat dan kompetensi dalam bidang akupunktur, karena prosesnya yang menggunakan jarum akupunktur yang steril dan peralatan bersih.

Bagi seseorang yang mengalami masalah pendengaran, tentu harus mempertimbangkan untuk mencoba beberapa terapi yang ada. Namun, sebelum memilih terapi pastikan terlebih dahulu sudah melakukan konsultasi ke dokter THT. Sangat disarankan untuk tidak sembarangan melakukan terapi telinga secara mandiri, seperti misalnya mengorek telinga dan menggunakan ear candle.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*