Air Garam, Ternyata Bermanfaat Bagi Tubuh

Garam telah menjadi bagian penting di kehidupan kita terutama untuk membuat makanan menjadi semakin sedap. Air garam sendiri seringkali digunakan untuk bahan pengawet sayuran dan ikan. Akan tetapi, ternyata air garam memiliki banyak manfaat untuk tubuh, lho! Berikut ini merupakan beberapa manfaat air garam untuk kesehatan tubuh. 

air garam
  1. Mengurangi sakit gigi dan mulut

Berkumur dengan manfaat air garam dapat membantu mengurangi rasa sakit pada area mulut karena sariawan, pembengkakan gusi, dan sakit gigi. Gunakan air hangat yang dicampurkan dengan garam untuk berkumur. Lakukan sehari 2-3 kali selama satu minggu agar mendapatkan hasil maksimal. Selain itu, Anda juga perlu menjaga kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari berbagai bakteri dan virus. 

  1. Mengatasi kutu air

Kutu air biasanya muncul di area tangan dan kaki, menyebabkan rasa gatal hingga perih yang mengganggu. Hindari menggaruk area yang gatal sebab jika kutu air pecah akan membuat area kulit lainnya ikut tertular. Penyebab kutu air adalah infeksi jamur. Anda dapat menggunakan air garam untuk mengatasi kutu air pada tangan atau kaki. Siapkan baskom berisi air hangat cenderung panas. Tambahkan garam, aduk, kemudian rendam tangan dan kaki yang terkena kutu air selama 10-15 menit. Lakukan berulang selama beberapa hari. 

  1. Meredakan batuk berdahak

Manfaat air garam yang cukup terkenal adalah dapat meredakan batuk berdahak. Air garam akan membantu mengencerkan dahak sehingga mudah keluar. Anda tidak perlu meminum air garam, cukup digunakan untuk berkumur saja. Berkumurlah menggunakan air garam selama 1 menit setiap pagi dan sore. Hal ini tetap aman dilakukan meski Anda sedang mengonsumsi obat batuk asal pastikan bahwa air garam tidak tertelan, ya!

  1. Menghilangkan kotoran telinga

Kotoran pada telinga harus dibuang dengan teratur sebab jika ada penumpukan maka dapat menyebabkan kerusakan pada telinga. Larutan air dengan garam dapat membantu mendorong kotoran pada telinga untuk keluar. Akan tetapi, agar lebih aman sebaiknya Anda meminta bantuan dokter untuk melakukan perawatan telinga ini. 

  1. Mengobati infeksi jamur di vagina 

Infeksi jamur di vagina dapat diobati menggunakan obat alami berupa air garam. Vagina yang terinfeksi jamur biasanya terasa gatal, nyeri, dan mengalami keputihan. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan campuran air dengan garam. Gunakan untuk membilas area vagina dan sekitarnya. Jika kondisi tidak membaik setelah 3 hari, sebaiknya kunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

  1. Memperbaiki kualitas tidur 

Tidur berkualitas merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat. Akan tetapi, banyak orang kesulitan tidur sebab merasa stres akibat tekanan atau perasaan gelisah. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mencoba mengonsumsi air garam setiap sebelum tidur. Siapkan segelas air hangat yang dicampur garam kemudian minum. Air garam akan membuat tubuh lebih rileks dan selama tidur akan membantu proses detoksifikasi pada tubuh Anda. 

  1. Mengatasi hidung tersumbat

Manfaat air garam lainnya adalah untuk mengatasi hidung tersumbat. Beberapa penyebab hidung tersumbat yaitu pilek, gejala sinu, alergi, dan lendir yang mengering. Anda dapat menggunakan air garam untuk membasuh area hidung. Hal tersebut berguna untuk menghilangkan bakteri berlebih pada hidung dan menjaga saluran hidung tetap terbuka.  

Minum air garam memang dipercaya dapat memulihkan kondisi tubuh yang kurang sehat. Akan tetapi, tidak semua orang dianjurkan untuk melakukannya. Anda malah perlu menghindari minum air garam jika Hindari meminum air garam jika memiliki riwayat hipertensi sebab kandungan garam dapat memicu naiknya tekanan darah. Alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mulai menggunakan air garam untuk tubuh guna menghindari risiko tertentu yang mungkin muncul. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*