Adakah Manfaat Barley untuk Kulit dan Kecantikan?

Barley adalah makanan bernutrisi yang punya banyak manfaat bagi tubuh

Mungkin banyak dari kita yang masih asing dengan “barley”. Hal itu tak begitu aneh lantaran sedikit sekali sumber yang bisa dijadikan referensi kita dalam hal pemanfaatan barley di Indonesia. Namun, tahukah Anda jika ada banyak manfaat barley? Salah satu manfaat barley yang digaungkan adalah untuk kepentingan kecantikan dan kesehatan kulit. 

Barley atau jelai merupakan sejenis serealia yang konon katanya berasal dari Anak Benua India yang dinamai Mehrgarh. Tumbuhan yang juga merupakan anggota padi-padian ini awalnya dimanfaatkan untuk pakan ternak. 

Namun, karena barley atau jelai ini diketahui merupakan penghasil malt, tumbuhan ini akhirnya dijadikan sebagai makanan kesehatan. Hampir dua dekade lalu, tepatnya pada 2005, barley menempel ketat gandum, padi, dan jagung dalam hal jumlah produksi luas areal penanamannya. 

Manfaat barley untuk kulit dan kecantikan ini memang tidak sepopuler manfaat-manfaat untuk kesehatan lain. Namun, dari beberapa sumber yang berhasil dihimpun didapat sebuah kesimpulan bahwa manfaat barley untuk kecantikan ini cukup mencengangkan. 

Manfaat itu datang dari segudang nutrisi dan zat baik yang terkandung di dalamnya. Berikut ini beberapa manfaat barley untuk kecantikan dan kesehatan kulit:

  • Mencegah Terjadinya Penyumbatan Pori-Pori

Barley mengandung azelaic acid di dalamnya sehingga dapat digunakan untuk membersihkan pori-pori pada wajah demi mencegah terjadinya penyumbatan. Jika kondisi ini bertahan, kemungkinan besar wajah Anda akan terbebas dari jerawat.

Pasalnya, pada umumnya jerawat disebabkan oleh penumpukan kotoran serta sel kulit mati di pori-pori wajah. Dalam manfaat ini, barley seolah berperan sebagai eksfoliator yang ramah untuk kulit.

  • Meredakan Jerawat yang Meradang atau Rosacea

Bila rutin dikonsumsi, whole grain barley bisa membantu mengurangi munculnya jerawat pada kulit acne-prone yang disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. Manfaat barley tersebut muncul berkat adanya kandungan zinc dan juga vitamin B.

Selain itu, barley juga mengandung azelaic acid yaitu senyawa yang terbukti secara efektif mengobati kemerahan, jerawat, hingga rosacea. Sehingga Anda dapat menggunakan skin care berkandungan barley untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut karena sifat anti-inflamasinya.

  • Mencerahkan Wajah

Tak hanya dapat meredakan peradangan kulit, azelaic acid yang terkandung di dalam barley juga dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi tampilan hiperpigmentasi. Seseorang yang ingin memanfaatkan barley sebagai skin care atau dijadikan masker diyakini dapat membantu mengurangi produksi enzim tyrosinase yang berpengaruh pada produksi melanin yang dapat menyebabkan flek hitam. 

  • Membuat Kulit Kenyal dan Elastis

Kaya akan kandungan selenium serta antioksidan, manfaat barley juga digadang-gadang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dengan menjaganya tetap sehat dan terlindungi dari radikal bebas. 

Tak hanya itu, selenium juga memiliki manfaat penting ketika rutin dikonsumsi karena bisa menjaga kesehatan pankreas, jantung hingga sistem imun, yang secara langsung akan berpengaruh pada kondisi kulit.

  • Membuat Kulit Tetap Terhidrasi

Manfaat barley untuk membantu mencegah penuaan dini didukung dengan khasiatnya untuk dapat menghidrasi kulit serta menjadikannya tetap lembab. Kondisi kulit yang terhidrasi dengan baik akan terhindar dari masalah penuaan dini yang diawali karena kondisi kulit yang terlalu kering.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health menemukan bahwa kombinasi antara ekstrak barley dan kacang kedelai dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit.

***

Jika seseorang sudah tertarik dengan manfaat barley untuk kecantikan dan kesehatan kulit ini, tak ada salahnya untuk segera menjadikannya santapan sehat atau malah langsung diaplikasikan ke kulit. Semoga segala usaha Anda untuk mempercantik tampilan wajah dapat terwujud sesegera mungkin.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*