9 Makanan Selain Suplemen Pencernaan & Probiotik

suplemen pencernaan & probiotik.

Bukan merupakan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit muncul dalam tubuh manusia, probiotik adalah mikroorganisme atau bakteri yang dapat mendukung sistem pencernaan. Selain dapat ditemukan dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari bakteri ini juga bisa didapat dengan mengonsumsi vitamin tambahan seperti suplemen pencernaan & probiotik.

Tak hanya itu, probiotik juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kesehatan jantung dan termasuk mengurangi depresi. Selain itu probiotik juga mampu menurunkan jumlah bakteri jahat dalam usus yang tentu menyebabkan penyakit hingga peradangan, bakteri ini menggantikan kuman-kuman bermasalah dengan bakteri yang bermanfaat.

Makanan Mengandung Probiotik

Manfaat probiotik yang didapat dari suplemen pencernaan & probiotik maupun bahan alami terbukti bisa mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit, khususnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Berikut ini terdapat beberapa bahan makanan yang mengandung probiotik dan dapat dikonsumsi dengan mudah.

  1. Yogurt

Terbuat dari susu yang sudah difermentasi oleh bakteri baik, terutama bakteri asam laktat dan bifidobacteria. Mengonsumsi yogurt memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk salah satunya kesehatan tulang. Meski begitu tidak semua yogurt mengandung probiotik hidup, terkadang bakteri hidup telah mati selama proses fermentasi.

  1. Kefir

Merupakan minuman susu probiotik yang difermentasi, dibuat dengan menambahkan biji kefir ke susu sapi atau kambing. Bukan merupakan biji-bijian sereal tetapi kultur bakteri asam laktat dan ragi yang terlihat seperti kembang kol. Meskipun yogurt lebih dikenal ketimbang kefir, namun kandungan strain utama dari bakteri dan ragi membuat probiotik kefir lebih beragam.

  1. Sauerkraut (Asinan Kubis)

Difermentasi oleh bakteri asam laktat, merupakan makanan tradisional yang cukup populer di Eropa sebagai salah satu makanan pendamping. Selain kaya probiotik, makanan ini juga kaya akan serat dan vitamin C, vitamin B dan vitamin K. Makanan ini juga tinggi natrium dan mengandung zat besi serta mangan.

  1. Tempe

Merupakan makanan asli Indonesia yang mengandung probiotik tinggi, hasil dari kedelai yang difermentasi. Menghasilan beberapa vitamin B12 dan nustrisi yang tidak dikandung kedelai, membuat makanan ini sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang menerapkan pola makan vegetarian setiap harinya.

  1. Kimchi

Merupakan salah satu makanan khas Korea, difermentasi dan mempunyai rasa khas yang pedas, kubis merupakan bahan utama dari makanan ini, meskipun bisa menggunakan sayur jenis lainnya. Makanan ini mengandung bakteri asam laktat Lactobacillus dan bakteri asam laktat lain yang bermanfaat, termasuk beberapa vitamin dan mineral.

  1. Miso

Merupakan bumbu atau saus masakan ala Jepang, dibuat secara tradisional dengan fermentasi kedelai menggunakan garam dan sejenis jamur atau koji. Miso adalah sumber protein dan serat yang baik, makanan ini tinggi berbagai vitamin, mineral dan senyawa tanaman, termasuk vitamin K, mangan hingga tembaga.

  1. Kombucha

Kombucha merupakan makanan hasil fermentasi dari teh hitam atau teh hijau yang mengandung probiotik dan telah banyak dikonsumsi masyarakat dunia, khususnya di Asia. Karena difermentasi dengan baik oleh bakteri dan ragi, kombucha kemungkinan memiliki manfaat kesehatan dengan sifat probiotiknya.

  1. Acar

Bisa dibilang merupakan suplemen pencernaan & probiotik alami yang dapat ditemui, merupakan mentimun yang telah diasamkan dalam larutan garam dan air. Campuran bahan makanan ini dibiarkan berfermentasi untuk beberapa waktu, menggunakan bakteri asam laktat alami yang dikandung sendiri.

  1. Keju

Banyak keju yang difermentasi namun bukan berarti semua mengandung probiotik, penting untuk mengetahui mana yang mengandung probiotik. Bisa ditemukan pada label makanan, beberapa jenis keju yang pada umumnya mengandung probiotik seperti keju gouda, mozzarella, cehddar dan keju cottage.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*