9 Cara Menjadi Orang Pintar, Mudah Diterapkan Sehari-Hari

9 Cara Menjadi Orang Pintar, Mudah Diterapkan Sehari-Hari

Cara menjadi orang pintar kerap kali dipertanyakan ketika merasa kesulitan untuk mendapatkan nilai atau hasil yang bagus di bidang akademis. Terlebih ketika ada orang lain yang bisa mendapatkan hasil lebih baik, perasaan ingin menjadi orang pintar semakin besar.

Tingkat kepintaran sering kali dikaitkan dengan intelligence quotient (IQ). Tingkat kecerdasan atau IQ dapat diasah dengan stimulasi yang tepat sehingga kemampuan otak akan semakin bertambah dengan adanya stimulasi tersebut.

Cara menjadi orang pintar

Terdapat 2 tipe kecerdasan yang dapat dilatih agar IQ semakin tinggi. Tipe kecerdasan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Inteligensia kristal

Semakin usia bertambah, tingkat kecerdasan juga semakin bertambah. Seperti wawasan, ilmu pengetahuan, dan penguasaan bahasa yang akan semakin bertambah seiring pertumbuhan usia merupakan bentuk inteligensia kristal.

  • Inteligensia cair

Inteligensia cair merupakan kemampuan seseorang untuk menjelaskan sesuatu dan kemampuan untuk berpikir secara abstrak.

Kebiasaan-kebiasaan untuk mengasah kemampuan otak

Hal yang paling umum terbesit saat memikirkan bagaimana cara menjadi orang pintar adalah sekolah dan membaca buku. Namun, untuk menjadi orang yang cerdas membutuhkan stimulasi dan kebiasaan-kebiasaan lebih dari itu.

Mulai dari pola hidup sehat, mengasah otak, hingga menghindari konsumsi alkohol adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjadi orang pintar. Beberapa cara menjadi orang pintar yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Sering menggunakan otak

Cara menjadi orang pintar yang pertama adalah dengan sering-sering mengasah otak. Otak merupakan organ sentral yang perlu dilatih agar tajam dan berfungsi dengan baik. 

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengasah otak adalah seperti membaca buku, mendengarkan radio, mengikuti diskusi, bermain game asah otak, hingga belajar bahasa asing.

  1. Berolahraga

Bergerak aktif seperti olahraga tidak hanya memberikan manfaat bagi tubuh, tapi juga bagi otak. Bergerak dapat meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat, berimajinasi, dan menyelesaikan pekerjaan secara terorganisir. Berolahraga membuat suplai darah ke otak lebih lancar.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Menyantap makanan yang bergizi seimbang dapat meningkatkan kecerdasan. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein nabati dan hewani, lemak sehat, dan sayur. Lengkapi juga dengan buah-buahan dan air putih 2 liter per hari.

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dapat meningkatkan antioksidan di dalam tubuh. Hal ini akan membuat sel tubuh bekerja secara optimal, termasuk sel otak. Anda dapat menghindari makanan yang mengandung terlalu banyak garam dan gula serta makanan cepat saji.

  1. Menghindari konsumsi alkohol

Minuman yang Anda konsumsi juga dapat mempengaruhi kerja otak, terutama kemampuan bicara, pengambilan keputusan, dan mengatur gerakan. Alkohol memiliki kaitan yang sangat signifikan terhadap kesehatan.

Apabila Anda terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, kemampuan-kemampuan otak akan terganggu karena lobus frontal otak akan dapat rusak secara permanen.

  1. Bermain musik

Memainkan alat musik seperti piano, gitar, dan lainnya dapat membantu meningkatkan memori otak. Selain itu, bermain musik juga dapat mengasah otak untuk menyusun perencanaan dengan cara yang menyenangkan.

  1. Menulis

Cara menjadi orang pintar lainnya adalah dengan sering menulis. Anda dapat menulis apa saja seperti tentang kegiatan sehari-hari atau hal yang baru dipelajari sehingga akan meningkatkan kemampuan otak dalam memperbaiki memori hingga penguasaan bahasa.

  1. Bersosialisasi

Berkumpul atau berdiskusi dengan orang lain akan membuka dan menambah wawasan, sehingga hal ini akan membantu mengasah otak. Anda dapat memilih kelompok yang dapat memotivasi serta membuat Anda menjadi lebih aktif.

  1. Tidur yang cukup

Untuk menjadi orang pintar, Anda tidak perlu belajar semalaman. Anda perlu mengistirahatkan otak dan tubuh selama 7-8 jam sehari. Tidur di malam hari yang cukup akan meningkatkan kemampuan otak.

  1. Menjelaskan hal yang baru dipelajari kepada orang lain

Salah satu cara untuk dapat memahami sesuatu adalah dengan mencoba menjelaskannya kepada orang lain. Hal ini akan membuat Anda dapat menyimpan informasi tersebut dengan lebih detail dan juga membaginya ke orang lain.

Kecerdasan merupakan suatu hal yang kompleks. Cara menjadi orang pintar tidak dapat diterapkan dalam 1 malam, melainkan harus melalui proses dan stimulasi yang konsisten. Anda perlu menerapkan pola hidup yang sehat dan terus mengasah otak agar dapat meningkatkan kecerdasan.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*