8 Kegunaan Vitamin D bagi Tubuh dan Mencukupinya dengan D Vit Ft

Kebutuhan asupan vitamin D setiap orang tidaklah sama. Pada anak-anak, remaja, orang dewasa, serta ibu hamil membutuhkan Vitamin D sekitar 600 IU per harinya. Sedangkan untuk lansia dengan usia diatas 70 tahun membutuhkan setidaknya Vitamin D 800 IU per hari.

Meski Vitamin D dapat dengan mudah didapatkan dengan berjemur, akan tetapi tidak boleh disepelekan asupan Vitamin D tiap harinya. Vitamin D perlu dipenuhi agar tubuh dapat berfungsi dan bekerja secara optimal dan badan pun tetap terasa fit dan bugar. Beberapa manfaat Vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti :

  1. Vitamin D memperkuat tulang

Vitamin D dikenal fungsinya untuk tulang. Vitamin D diperlukan untuk membangun kekuatan pada tulang. Mendukung pertumbuhan pada tulang, dapat mencegah tulang dari adanya kerapuhan maupun kerusakan, serta mencegah terjadinya osteoporosis. Selain tulang, usus pun memerlukan Vitamin D dalam kinerjanya. Tanpa adanya dukungan Vitamin D, proses penyerapan kalsium pada usus akan terganggu. 

  1. Berperan dalam menjaga daya tahan tubuh manusia

Manfaat Vitamin D memang cukup vital bagi tubuh. Selain untuk melindungi dan menjaga kesehatan tulang, Vitamin D juga mendukung daya tahan tubuh tetap berfungsi dengan baik. Dengan kebutuhan Vitamin D yang tercukupi, dapat membantu imunitas tubuh dalam menghadapi adanya serangan berbagai bakteri yang menginfeksi dan munculnya virus berbahaya di sekitar kita. Vitamin D telah terbukti fungsinya dalam melindungi tubuh dari adanya influenza dan corona yang dapat menyerang tubuh.

  1. Menjaga kekuatan otot

Vitamin D yang bertugas menjaga kesehatan tulang, dapat menjaga pula kekuatan otot. Kurangnya asupan Vitamin D pada tubuh bisa membuat otot pada tubuh menjadi melemah. Ketika otot mengalami kelemahan, seseorang cenderung lebih mudah terjatuh hingga mengalami cacat. Hal ini sangatlah penting terutama bagi kesehatan lansia. Usia lanjut lebih rentan mengalami kelemahan otot dibanding dengan anak muda.

  1. Melindungi kesehatan ibu hamil

Vitamin D sangat berperan penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Vitamin D berfungsi untuk mencegah terjadinya preeklampsia dan bayi yang lahir prematur. Kurangnya Vitamin D pada ibu hamil juga dapat membahayakan si ibu, karena bisa meningkatkan risiko terkena diabetes gestasional dan infeksi yang menyerang pada vagina ibu hamil.

  1. Vitamin D untuk kesehatan mulut

Tak hanya fungsi utama Vitamin D yang menjaga kesehatan tulang, Vitamin D juga membantu proses penyerapan kalsium pada tubuh dan juga berperan dalam menjaga kesehatan mulut manusia. Dengan Vitamin D yang tercukupi, dapat menurunkan risiko pada kesehatan gigi dan gusi yang mungkin terjadi. Selain itu, peran Vitamin D juga sebagai anti peradangan dan menjadi perangsang produksi antimikroba. Sehingga kesehatan mulutpun akan lebih terjaga dan terpelihara dengan baik.

  1. Membantu mengurangi adanya risiko kanker

Vitamin D juga berfungsi dalam mengurangi risiko pada beberapa jenis penyakit kanker. Telah diteliti, Vitamin D ini juga dapat melawan jenis kanker tertentu hingga menurunkan risiko kematian yang diakibatkan kanker. Vitamin D telah terbukti secara eksperimental terhadap hewan dapat memperlambat, merangsang kematian sel kanker, dan mencegah berkembangnya sel kanker pada tubuh.

  1. Menjaga kesehatan anak

Anak-anak yang kekurangan Vitamin D bisa menyebabkan tekanan darahnya meningkat. Sehingga menyebabkan dinding arteri pada anak-anak menjadi lebih kaku dari seharusnya, dan hal ini dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi untuk terjadi pada anak-anak. Kekurangan Vitamin D juga dapat meningkatkan adanya risiko alergi pada anak. Dengan Vitamin D yang cukup, bisa mencegah dan mengatasi terjadinya peradangan.

  1. Vitamin D dalam D Vit Ft

Vitamin D yang terkandung pada D Vit Ft tiap butir tabletnya sebanyak 400 IU. Suplemen Vitamin D ini dapat dikonsumsi oleh remaja pada usia pertumbuhan, orang dewasa, dan juga lansia. Perannya yang penting dalam meningkatkan kepadatan pada tulang manusia, mencegah terjadinya pengeroposan, pengapuran, pada tulang, dan menjadi pendukung pertumbuhan pada tulang anak, dan menjadi booster untuk mempercepat terserapnya kandungan Vitamin D seperti fosfor dan kalsium ke dalam tulang. 

Yuk jangan sampai lupa minum Vitamin D dengan D Vit Ft, bila kamu mengalami keluhan pada tulang, karena mencegah jauh lebih baik daripada mengobati!

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*