7 Tips Mengonsumsi Cokelat Untuk Diet

Cokelat menjadi makanan yang digemari banyak orang sebab rasanya manis dan nikmat. Meski demikian, cokelat dianggap sebagai musuh utama ketika seseorang menjalankan program diet. Padahal cokelat malah bisa menjadi teman diet jika Anda memahami cara mengonsumsinya dengan tepat. Selain itu, gunakan cokelat hitam sebab tidak semua jenis cokelat cocok untuk dimasukkan ke dalam menu diet Anda. Berikut ini merupakan 7 tips mengonsumsi cokelat untuk diet yang dapat Anda terapkan.

  1. Kombinasikan dengan yogurt atau buah

Mengonsumsi cokelat untuk diet tentu tidak bisa disamakan dengan memakannya secara sembarangan dalam jumlah banyak sekaligus. Untuk itu, Anda dapat mencoba mengombinasikan cokelat yang dimakan dengan yogurt atau buah. Pastikan Anda memiliki yogurt plain, dan jika ingin bisa menambahkan sedikit madu. Saat mengombinasikan cokelat dengan buah, Anda dapat mencairkan cokelat hitam terlebih dahulu. Setelahnya, potong buah dalam ukuran kecil untuk dicelupkan ke dalam cokelat. Beberapa buah yang direkomendasikan yaitu pisang, nanas, melon, atau stroberi. 

  1. Konsumsi di pagi hari bersama air putih hangat 

Konsumsi cokelat juga bisa dilakukan pada pagi hari sebagai sarapan. Anda hanya perlu mengonsumsi beberapa potong cokelat saja agar tidak berlebihan. Kandungan serat dalam cokelat hitam yang digunakan sarapan tersebut akan mampu menahan rasa lapar hingga siang hari. Hal tersebut perlu diimbangi dengan minum air putih hangat ketika bangun tidur. Air putih hangat akan membantu menurunkan berat badan, berperan sebagai detoks bagi tubuh, serta mencegah penuaan dini. 

  1. Perhatikan kesembangan kalori

Saat diet, Anda sebaiknya menghitung jumlah kalori yang masuk dari mengonsumsi makanan. Untuk itulah pentingnya Anda mengetahui jumlah kadar kalori pada setiap makanan sebelum mengonsumsinya termasuk cokelat hitam. Dengan begitu Anda tidak akan makan melebihi batas kalori yang telah ditentukan dalam menu diet harian. 

  1. Pilih coklat hitam

Cokelat untuk diet tidak bisa sembarangan. Salah satu jenis cokelat yang cocok untuk diet adalah cokelat hitam sebab dianggap paling sehat. Cokelat hitam memiliki berbagai kandungan nutrisi di dalamnya seperti katekin, flavanol, dan polifenol. Mengonsumsi cokelat hitam akan membantu mengurangi rasa lapar dan memberikan sensasi kenyang.  

  1. Imbangi dengan olahraga teratur

Tidak akan ada diet yang berhasil tanpa olahraga yang teratur. Berat badan tidak akan turun secara normal dan sehat ketika Anda mengontrol makanan dan diimbangi dengan olahraga yang teratur. Oleh karena itu, saat mengonsumsi cokelat hitam pun Anda tetap perlu berolahraga setelahnya sehingga memastikan kalori dapat terbakar. 

  1. Tetap sesuaikan dengan menu diet lainnya 

Jangan berpikir untuk makan cokelat hitam saja untuk mengganti makanan manis dalam menu diet. Anda tetap perlu berbagai jenis makanan manis lain dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Saat sarapan pagi, Anda memang dapat menggunakan menu cokelat hitam namun alangkah baiknya menambahkan menu berupa buah segar agar asupan vitamin didapatkan ketika sarapan. 

  1. Makan dengan porsi yang tepat

Kunci dari diet adalah makan dengan porsi yang tepat. Hal tersebut juga berlaku ketika ingin mengonsumsi cokelat untuk diet. Hindari berpikiran bahwa Anda tidak boleh mengonsumsi cokelat sama sekali saat diet padahal itu adalah makanan favorit Anda. Menghindarinya terlalu keras malah akan membuat stres dan memicu keinginan makan berlebih. Konsumsi cokelat hitam tetap bisa dilakukan selama memperhatikan porsi hariannya. 

Itulah berbagai tips mengonsumsi cokelat untuk diet. Meski cokelat memberi manfaat untuk diet, akan tetapi cokelat tetap bukan makanan yang bisa menurunkan berat badan dalam sekejab. Tidak ada makanan yang mampu secara ajaib membuat kurus tanpa defisit kalori. Oleh karena itu, Anda tetap perlu mengimbangi pola hidup lainnya selain dari segi makanan untuk membuat diet berhasil. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang cokelat dan diet, tanyakan secara langsung pada dokter secara gratis melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasi SehatQ sekarang juga melalui App Store atau Google Play. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*