7 Cara Mengatasi Stress Eating saat di Rrumah Saja

Sudah 7 bulan lebih kita terjebak di rumah karena pandemi Covid-19 ini, apakah ada berubahan pada cara makan dan berat badan Anda? Jika iya, mungkin saja Anda terkena stress eating atau dikenal juga dengan emotional eating.

stress eating

Namun, stress eating sebenarnya tidak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa memperburuk kondisi Anda. Stress eating adalah reaksi normal tubuh ketika sedang stress dan mencari kenyamanan lewat konsumsi makanan. Padahal makanan yang dikonsumsi tersebut belum tentu bernutrisi.

Kenapa Stress Bisa Memicu Makan Berlebih?

Stres jangka pendek sebenarnya mematikan nafsu makan. Namun, ketika stres terjadi jangka panjang, maka otak justru memerintahkan kelenjar adreanl untuk melepaskan kortisol yang berguna menambah nafsu makan, Stres juga menjadi pengacau bagi kerja hormon pengatur nafsu makan. 

Biasanya ketika episode stres selesai, kadar kortisol ini juga akan ikut menurun, Namun, jika Anda terus menerus merasa stres, biasanya otak akan terus memproduksi kortisol dalam jumlah yang banyak. 

Kecemasan juga seringnya mengganggu pola tidur. Nafsu makan bisa lebih meningkat jika Anda kurang tidur. 

Cara Mengatasi Stress Eating

Banyak orang yang mungkin mengalami stress eating ketika hanya berada di rumah dan stress akibat pandemi Covid-19 ini. Nah, kebiasaan buruk emotional eating ini harus segera dihentikan sebelum berdampak negatif pada kesehatan tubuh.

Berikut cara menghentikan stress eating atau emotional eating ini.

  1. Memahami Penyebab Stress Eating

Sebelum mencoba menghentikan stress eating ini, penting untuk Anda ketahui apa penyebabnya. Bisa saja Anda stress eating karena bosan, jenuh, atau stress emosional. 

Cara mengetahui latar belakangnya mudah saja, beri jeda dan fokuslah pada apa yang sedang Anda rasakan. Kemudian validasi emosi yang dialami tersebut dan lakukan evaluasi pada apa yang dirasakan untuk mencegahnya.

  1. Hindari Camilan Kurang Sehat

Jika Anda sudah “terserang” stress eating, sediakan camilan yang sehat agar yang dikonsumsi tetap bernutrisi. Meskipun Anda nyemil saat emotional eating sekalipun, Anda tetap mendapat asupan yang sehat. 

Paparan visiual dari makanan yang kurang sehat ini juga bisa mengaktifkan otak striatum yang membuat tindakan impulsif jadi tak terkendali dan memunculkan perasaan ingin makan berlebihan.

  1. Minum Air yang Cukup

Stress eating juga bisa dicegah dengan memastikan kebutuhan air dalam tubuh tercukupi. Tubuh yang dehidrasi dapat membuat energi, mood, rentang fokus, dan pola makan seseorang menjadi berantakan. Jadi pastikan cukup minum air putih setiap hari.

Saat bosan, bisa juga mencampurkan potongan buah ke dalam air menjadi infused water dan hindari pemanis agar tetap aman.

  1. Buat Jadwal Makan

Meski bosan di rumah tanpa kegiatan, buatlah jadwal makan agar pola makan bisa teratur dengan baik. Meski tidak bisa seperti sebelum pandemi, tapi setidaknya jadwal makan Anda tetap teratur.

  1. Eksperimen Diri

Selama di rumah saja Anda mungkin punya lebih banyak waktu untuk mencoba resep-resep masakan baru. Inilah saatnya Anda mencoba memasak makanan sendiri yang lebih sehat.

Menurut sebuah studi, ternyata makan masakan sendiri lebih dari 5 kali seminggu bisa membuat berat tubuh anda berkurang 28% lho. Resiko obesitias juga berkurang 24%. Yuk, mulai masak makanan Anda!

  1. Rutin Berolahraga dan Aktif Bergerak

Rutin berolahraga dan bergerak akan membuat mood Anda baik dan stress pun menurun. Sehingga risiko Anda untuk stress eating juga akan berkurang.

Anda bisa mengikuti kelas-kelas olahraga virtual di rumah. Tidak perlu olahraga yang berat atau durasinya lama, mengikuti kelas olahraga ini setidaknya memastikan tubuh Anda tetap bergerak.

  1. Fokuslah pada Masa Kini

Alih-alih stress eating, lebih baik Anda mencoba mindful eating, yaitu makan tanpa gangguan apapun, termasuk tanpa gangguan gadget. Cobalah untuk fokus pada masa kini dan apa yang Anda kerjakan. Dengan fokus, tubuh juga lebih bisa mendengarkan sinyal kenyang dan sinyal lapar dengan lebih optimal. Sehingga dengan begitu Anda tidak akan terjebak dalam stress eating atau emostional eating ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*