6 Khasiat Daun Seledri untuk Tubuh yang Sehat

Daun seledri merupakan bumbu dapur yang umum digunakan dalam masakan nusantara. Khasiat daun seledri sendiri mampu membuat makanan lebih wangi. Karena alasan inilah, kurang lengkap rasanya jika pembuatan sop ataupun sayuran berkuah lainnya tidak dibubuhi dengan daun seledri. 

Selain manfaatnya untuk kelezatan makanan, sayur yang rendah kalori ini pun bisa menghadirkan beragam khasiat daun seledri yang menakjubkan bagi kesehatan Anda. Kalori yang rendah, serat yang tinggi, serta kandungan antioksidan yang banyak pada daun seledri menjadi kunci yang menghadirkan macam-macam manfaat kesehatan dari sayuran yang sebenarnya masih satu keluarga dengan wortel ini. 

Berikut adalah beberapa khasiat daun seledri untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Beberapa penyakit pun bisa ditangani dengan rajin mengonsumsi jenis sayuran yang satu ini. 

  1. Menurunkan Tekanan Darah 

Daun seledri sudah lama digunakan dalam pengobatan China kuno untuk menurunkan tekanan darah yang berlebihan. Khasiat daun seledri ini pun sudah terbukti lewat sejumlah penelitian terhadap tikut maupun manusia. Kandungan serat yang tinggi pada jenis sayuran ini menjadi pemicu kemampuan daun seledri menurunkan tekanan darah tersebut. Karena itulah, daun seledri tengah dipertimbangkan menjadi salah satu obat alternatif untuk hipertensi. 

  1. Meningkatkan Kemampuan Otak

Jangan ragu untuk sering memberikan daun seledri bagi anak-anak. Ini karena daun tersebut memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan otak. Khasiat daun seledri yang satu ini secara tidak langsung bisa menambah daya ingat dan meningkatkan kemampuan belajar anak. Manfaat yang luar biasa ini dapat diperoleh daun seledri karena sayuran ini merangsang pembentukan sel saraf sehingga fungsi otak selalu terjaga. 

  1. Mencegah Kanker 

Daun seledri termasuk jenis makanan yang bisa meminimalkan risiko kanker menimpa diri Anda. Penyebab khasiat daun seledri yang satu ini berasal dari kandungan antioksidan tinggi pada tanaman hijau ini. Tidak hanya antioksidan, daun seledri juga menjadi sumber flavonoid dan vitamin C yang mumpuni sehingga bisa mencegah stress oksidatif yang berkontribusi terhadap tumbuhnya sel kanker pada tubuh. 

  1. Minimalkan Risiko Jantung 

Berbagai masalah jantung dan kardiovaskular sebenarnya dipicu dari kurangnya tubuh mendapat asupan serat. Kurangnya asupan serat membuat plak pada aliran darah lebih mudah terbentuk dan menghalangi aliran darah dari dan ke jantung maupun bagian tubuh lainnya. Karena itu untuk menjaga kesehatan jantung Anda, cobalah untuk rajin mengonsumsi daun seledri yang kaya serat. 

  1. Mengobati Masalah Liver 

Orang-orang dengan gangguan liver atau hati bisa menjajal khasiat daun seledri. Jenis sayuran yang satu ini ternyata memiliki manfaat detoksifikasi sehingga mampu membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Dengan bantuan dari daun seledri, kesehatan organ hati bisa lebih terjaga sehingga masalah-masalah organ ini akibat kerja yang terlalu berat bisa diminimalkan. 

  1. Mendukung Saluran Pencernaan 

Kandungan serat tinggi pada seledri bisa menghasilkan manfaat yang luar biasa bagi saluran pencernaan Anda. Bagaimana tidak, tiap 100 gram seledri ternyata mengandung sedikitnya 5 gram serat makanan. Serat tersebut bisa memperlancar saluran pencernaan Anda sehingga menghindarkan Anda dari masalah sembelit. Tidak hanya itu, daun seledri juga memiliki senyawa antioksidan dan anti inflamasi sehingga dapat menjaga lapisan perut dan mengurangi kasus sakit maag. Tertarik mencoba khasiat daun seledri yang satu ini?

*** 

Tentunya khasiat daun seledri baru dapat Anda peroleh ketika mengonsumsinya dengan rutin dan dalam jumlah yang tepat. Namun lebih baik, Anda selalu mengkonsultasikan pengobatan alternatif yang Anda lakukan kepada dokter, khususnya apabila Anda memiliki penyakit tertentu. Jangan sampai khasiat dari daun seledri justru bisa berbahaya bagi masalah kesehatan Anda. 

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*