5 Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah

Kondisi sakit perut yang muncul di bagian perut bawah bisa dialami pria maupun perempuan, keadaan ini bisa disebabkan karena banyak hal dan perlu diatasi sesuai dengan penyebab. Tujuannya agar mencegah terjadinya komplikasi serius yang diakibatkan munculnya sakit perut bagian bawah.

Seseorang pasti merasakan sakit perut yang muncul di bagian bawah perut, bisa berupa sakit yang ringan, kram hingga terasa nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum. Dalam dunia medis, sakit ini dideskripsikan sebagai nyeri panggul, walaupun bisa dialami laki-laki maupun perempuan, namun dalam kasus yang terjadi banyak dialami oleh perempuan.

Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah

  1. Radang Kandung Kemih

Kondisi ini bisa menyebabkan kandung kemih meradang, iritasi hingga membengkak sehingga memicu munculnya keluhan nyeri pada area panggul. Selain memicu nyeri, kondisi ini juga ditandai dengan gejala seperti nyeri saat buang air kecil, nyeri saat berhubungan seksual hingga sering merasa ingin buang air kecil.

  1. Radang Usus Buntu

Peradangan ini terjadi pada usus buntu yang merupakan jaringan dengan bentuk seperti tabung panjangnya tujuh sampai sembilan sentimeter. Memanjang dari usus besar, salah satu gejala yang ditimbulkan kondisi ini adalah rasa sakit yang muncul di bagian bawah perut atau di dekat pusar yang lama kelamaan berpindah ke perut bagian kanan bawah.

  1. Kanker Usus Besar

Sebagian besar kondisi ini ditandai dengan munculnya benjolan pada usus besar yang disebut polip adenomatosa, kanker usus besar memiliki salah satu ciri dengan adanya rasa sakit di bagian perut bagian bawah seperti kram atau nyeri perut dan buang air besar berdarah, selain itu juga mengalami perut kembung.

  1. Hernia

Seseorang yang menderita hernia akan merasakan sakit di mana hernia muncul, terlebih ketika batuk, membungkuk dan mengangkat beban berat. Hernia muncul ketika salah satu bagian usus menonjol keluar dari rongga perut melalui titik lemah pada otot perut.

  1. Sindrom Iritasi Usus Besar

Merupakan salah satu penyakit pencernaan yang pada umumnya memengaruhi kerja usus besar, penyebab kondisi ini belum diketahui dengan pasti dan gejalanya bisa berupa kembung, diare atau sembelit dan nyeri. Penyebab lain kondisi ini seperti sembelit, radang prostat, radang usus, obstruksi usus, neuropati, fibromyalgia, dan beberapa lainnya.

Sangat disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter guna mengetahui kondisi apa yang sedang dialami. Terlebih jika keluhan yang muncul di atas disertai dengan beberapa gejala lain, seperti berikut ini.

  • Kram sangat menyakitkan ketika menstruasi.
  • Perdarahan vagina.
  • Kesulitan buang air kecil atau nyeri saat buang air kecil.
  • Perut kembung.
  • Sembelit atau diare.
  • Merasa sakit ketika berhubungan seksual.
  • Demam.
  • Nyeri yang muncul pada bagian pinggang dan pangkal paha.
  • Keluar darah ketika buang air kecil.

Cara Meredakan

Sakit perut bagian bawah perlu mendapatkan penanganan yang tepat, hal inilah yang membuat penderitanya harus segera berkonsultasi ke dokter. Selain itu, sembari menjalani perawatan dan pengobatan terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan guna meringankan rasa sakit perut yang muncul.

  • Perbanyak konsumsi air putih setiap hari.
  • Tidak menahan atau menunda keinginan untuk buang air kecil.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Konsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur.
  • Berhenti merokok.

Jangan sepelekan munculnya rasa sakit di bagian bawah perut, bisa jadi kondisi ini merupakan pertanda adanya penyakit tertentu yang tengah menyerang tubuh. Konsultasi ke dokter menjadi hal yang harus segera dilakukan jika mengalami beberapa gejala di atas, selain mengetahui penyebab juga agar pasien mendapat penanganan yang tepat.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*