4 Manfaat Nutrisi untuk Ibu Menyusui

Sudah menjadi keharusan setiap ibu menyusui memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik, bukan berarti setelah melahirkan ibu tak perlu lagi mengonsumsi makanan bergizi. Nutrisi untuk ibu menyusui harus dipenuhi agar ASI yang dihasilkan berkualitas untuk si bayi. Makanan yang dikonsumsi ibu menyusui sangat berpengaruh pada kesehatan anak.

Perlu diketahui jika konsumsi makanan ibu menyusui berpengaruh pada kecerdasan dan kesehatan anak, tentunya semua orang tua mengingingkan anaknya sehat dan pintar. Selain mengonsumsi makanan bergizi, ASI merupakan pelengkap asupan nutrisi anak. Meskipun ASI sudah mengandung seluruh nutrisi yang diperlukan bayi, tapi kuantitas dan kepekaan dipengaruhi pola makan ibu. 

Nutrisi untuk Ibu Menyusui

Guna menjaga jumlah dan kualitas ASI yang dihasilkan, ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan nutrisi wajib selama masa menyusui. Mencukupi asupan nutrisi juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh, bisa juga dimanfaatkan dalam memelihara tulang dan memberi energi kepada ibu menyusui selama pemberian ASI, selain itu berikut ini beberapa manfaat lainnya.

  1. Asupan Kalori

Menurut American Pregnancy, ibu menyusui membutuhkan 500 kalori lebih banyak dari yang tidak dan kondisi ini mungkin akan membuat para ibu pusing dalam menghitung jumlah kalori yang sudah masuk. Namun, keadaan ini bisa diakali dengan hanya perlu makan ketika ibu menyusui merasa lapar.

Pemenuhuan nutrisi saat lapar harus segera dilakukan, kondisi ini juga berhubungan langsung dengan proses tubuh yang sedang memproduksi ASI untuk bayi. Menyediakan camilan agar tubuh tetap berenergi juga sangat disarankan.

  1. Protein

Protein menjadi nutrisi yang penting bagi ibu menyusui, zat ini digunakan untuk membangun dan memperbaiki berbagai jaringan di dalam tubuh. Peran protein juga sangat penting dalam pertumbuhan serta perkembangan bayi di awal masa kehidupannya.

Protein juga bermanfaat untuk pemulihan persalinan, pengaruh protein pada ibu menyusui juga sangat besar karena sebanyak 76-77 gram protein per hari yang harus diperoleh. Nutrisi ini bisa didapat dengan mengonsumsi makanan hewani dan nabati, seperti daging, tahu, telur dan lain sebagainya.

  1. Asam Lemak

Lemak adalah sumber utama kalori, selain sebagai sumber energi, lemak juga bermanfaat dalam membangun otak bayi. Pun demikian dengan ibu, meskipun ibu menyusui sangat disarankan untuk menghindari makanan dengan kandungan lemak jenuh, selain itu juga harus membatasi makanan dengan kandungan lemak trans.

  1. Vitamin dan Mineral

Ibu menyusui perlu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang lebih banyak ketimbang biasanya, terdapat beberapa jenis vitamin yang disarankan untuk diperhatikan lebih dalam konsumsinya seperti berikut ini.

  • Virtamin C

Nutrisi vitamin C diperlukan bagi pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh ibu setelah melahirkan, sementara untuk bayi mampu membantu pertumbuhan tulang, gigi dan produksi kolagen. Selain itu, setiap bayi membutuhkan asupan vitamin C berbeda, hal ini tergantung dari usia si bayi.

  • Vitamin E

Manfaat nutrisi untuk ibu menyusui ini membantu mencegah ibu mengalami anemia setelah proses melahirkan, sementara kandungan antioksidan yang tinggi dalam vitamin E dapat digunakan untuk melindungi mata dan paru-paru bayi dari berbagai masalah kekurangan oksigen.

  • Kalsium dan Zat Besi

Kalsium diperlukan bayi dalam proses pembentukan tulang dan goigi, zat besi berguna untuk membentuk sel darah merah. Kandungan ini juga membantu mencegah ibu mengalami anemia saat melahirkan. Sementara itu, selama masa menyusui ibu disarankan mengonsumsi kalsium sebanyak 1.300 miligram per hari.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*