3 Obat Herbal untuk Atasi Sembelit, Salah Satunya Triphala

3 Obat Herbal untuk Atasi Sembelit, Salah Satunya Triphala

Sembelit adalah masalah pencernaan yang mungkin pernah dialami oleh siapa saja dari segala usia. Sembelit bisa diatasi dengan merubah gaya hidup jadi lebih sehat dan menggunakan obat-obatan seperti obat herbal misalnya. Ada beberapa pilihan pengobatan rumahan yang bisa dicoba, salah satunya triphala.

Obat herbal rumahan memang menjadi pilihan sebagian orang dibanding mengonsumsi obat-obatan kimia karena efek sampingnya. 

Obat Herbal untuk Atasi Sembelit

Berikut obat-obatan rumahan yang dapat mengatasi sembelit yang bisa dicoba:

  1. Triphala

Triphala adalah formula poliherbal populer dalam pengobatan Ayurveda India. Triphala ini berasal dari 3 jenis tanaman obat, yaitu amla atau gooseberry India, Haritaki, serta Bibhitaki. 

Triphala memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah bisa menjadi obat pencahar alami yang bahkan sudah dibuktikan melalui berbagai riset. 

Dalam teknik pengobatan Ayurveda, triphala termasuk salah satu obat terbaik untuk mengobati masalah pencernaan seperti sembelit ini. Triphala berperan dalam pembersihan dan detoksifikasi internal. 

Triphala ini disarankan agar dikonsumsi ketika perut kosong. Bisa juga ketika bagung atau sesaat sebelum tidur.

Triphala juga disebut dapat mengurangi peradangan usus, mengurangi rasa sakit di perut dan buang angin, hingga memperbaiki rutinitas buang air besar. Ada juga manfaat lain triphala ini bagi kesehatan, yaitu:

  • Dapat melawan aktivitas radikal bebas
  • Menurunkan risiko kanker
  • Mencegah masalah pada gigi seperti mencegah pembentukan plak, hingga faktor penyebab gigi berlubang dan radang gusi.
  • Dapat membantu menurunkan berat badan untuk mendapatkan body goals
  • Memperlambat perkembangan penyakit mata karena faktor usia, termasuk katarak dan degenerasi makula

Namun, triphala juga memiliki risiko efek samping. Meskipun secara umum aman dikonsumsi, namun tetap saja pada beberapa individu mungkin terdapat efek samping. 

Terkait sebagai obat pencahar, tentu saja triphala akan memicu diare sehingga membuat adanya rasa tidak nyaman di perut. terlebih jika dikonsumsi dalam dosis yang tinggi. 

Triphala juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. Karena, hingga kini belum ada studi yang menjamin keamanan obat ini bagi 3 kelompok yang disebutkan tersebut.

Untuk meminimalisir efek samping tersebut, sebaiknya bisa dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. 

  1. Biji Rami

Biji rami juga termasuk salah satu sumber serat makanan yang baik untuk mengatasi masalah sembelit. Kandungan asam lemak omega-3 dan antioksidan esensialnya dapat membuat feses mudah melewati saluran pencernaan. 

Untuk mendapatkan manfaatnya mengatasi sembelit, Anda dapat merebus 1 sendok makan biji rami dan rebus bersama secangkir air selama 2-3 menit. Tunggu agak lebih dingin dan minumlah airnya. Tak hanya itu, Anda juga dapat memakan biji rami ini. Anda dapat mengonsumsinya 2-3 kali dalam sehari.

  1. Minyak Jarak

Selain triphala dan biji rami, ada juga minyak jarak yang dapat mengatasi masalah sembelit yang dialami. Minyak jarak ini dapat membantu melancarkan buang air besar secara teratur. Anda dapat mengonsumsi minyak jarak dengan mengambil 1-2 sendok makan minyak jarak ketika perut masih kosong. Sebaiknya, minyak jarak ini dikonsumsi sebelum tidur hingga Anda merasa lega.

Selain memanfaatkan pengobatan alami seperti triphala, biji rami, dan minyak jarak ini, ada baiknya juga Anda merubah pola hidup menjadi lebih sehat. Sebab, sembelit seringkali disebabkan karena pola makan yang buruk serta tubuh yang kekurangan aktivitas fisik. Sembelit juga dapat disebabkan oleh faktor lain seperti konsumsi obat-obatan tertentu dan karena adanya penyakit lain.

Namun yang paling penting, perubahan gaya hidup jadi lebih sehat bisa membantu meringankan hampir sebagian besar masalah sembelit dan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan seseorang.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*